KAP XYZ merupakan KAP Perseorangan yang baru berdiri 2017 saat ini berjuang menghadapi Era digitalisasi 4.0. Respon KAP XYZ atas perubahan teknologi yang berkaitan dengan penerapan strategi diferensiasi dengan mengembangkan jasa-jasa non audit, keterbatasan sumber daya manusia dan strategi pengembangan usaha yang dimiliki KAP XYZ menjadi isu yang akan ditelaah lebih lanjut didalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan KAP XYZ dalam menciptakan branding dan strategi diferensiasi atas jasa-jasa non audit dengan keterbatasan sumber daya manusia dan strategi pengembangan usaha yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, melalui tinjauan literatur, observasi, wawancara dan kuisioner untuk mendapatkan informasi kualitatif menguatkan hasil penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan perlunya pengembangan kompetensi tenaga profesional dalam menghadapi perubahan teknologi, fokus pada pengembangan jasa non audit dalam rangka penerapan strategi diferensiasi KAP XYZ dan membentuk strategi pemasaran baru agar memperluas segmen pasar KAP terutama untuk berkontribusi terhadap pengembangan industri UMKM. KAP XYZ (XYZ Public Accounting Firm) is a sole-proprietor Public Accounting Firm that has just established in 2017 currently struggling on dealing with the IR 4.0 Era (Digital Era). The response of KAP XYZ for the technology changes related to the implementation of differentiation strategy by developing non-audit services with limited human resources and business development strategy owned by KAP XYZ becomes the issue that is analyzed further in this study. This study was aimed at observing and analyzing the capability of KAP XYZ in creating a strong brand image and differentiation strategy for non-audit services with limited human resources and business development strategy. This study was a qualitative descriptive study by performing a literature review, observation, interview, and questionnaires to collect qualitative information that reinforced the result of this study. The result of the study showed the importance of the development of professional officers’ competency in dealing with technology changes, focusing on the development of non-audit services in the implementation of KAP XYZ differentiation strategy, and constructing a new marketing strategy to expand the PAF market segmentation, especially, to contribute to the development of MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises). |