ABSTRAK 63% sumber informasi daring tersedia di Twitter. Hal ini mendorong tingginya proses berbagiinformasi pada situs jejaring sosial tersebut. Ada pun jenis informasi yang memliki kemungkinanterbesar untuk dibagikan adalah informasi hiburan. Dalam prosesnya, terdapat beragam faktoryang mendorong pengguna melakukan kegiatan tersebut. Faktor tersebut dapat dipengaruhi olehsituasi dan kondisi saat berbagi informasi. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untukmengidentifikasi jenis motivasi yang mendorong kegiatan berbagi informasi hiburan di Twitter.Selain itu, diperiksa juga apakah terdapat perbedaan motivasi antara laki-laki dengan perempuan.Sampel dalam penelitian ini adalah para mahasiswa sebagai ketegori pengguna terbesar di mediasosial. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan studi kasus padamahasiswa di tiga universitas negeri yang ada di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat tiga besar motivasi yang senantiasa mendorong mahasiswa dalam berbagi informasihiburan di Twitter, yaitu untuk pembelajaran, altruisme, dan kesenangan. Sementara, dua motivasiyang tidak banyak mendorong mahasiswa saat berbagi informasi hiburan adalah hubungan timbalbalikdan memperoleh keuntungan pribadi. Dalam Aldefer ERG Theory, temuan inimengindikasikan bahwa mahasiswa lebih condong untuk memenuhi kebutuhan bagiperkembangan diri mereka (growth needs). Ada pun proses yang terlihat dalam upaya memenuhikebutuhan dalam berbagi informasi hiburan adalah peningkatan kepuasan (satisfactionstrengthening).Pada pemeriksaan motivasi antara laki-laki dan perempuan ditemukan bahwa tidakada perbedaan yang signifikan terhadap faktor pendorong saat berbagi informasi hiburan diTwitter. ABSTRACT A number of 63% information sources are available on Twitter. This encourages the high activities ofinformation sharing on Twitter. A type of information that has the greatest possibility to be shared isentertainment information. In the process, there are many factors or motivations that affect users to carryout these activities. The motivations can be influenced by certain situations and conditions. Therefore, thepurpose of this study is to identify the types of motivation that encourage entertainment information sharingactivities on Twitter. Moreover, this research seeks to examine whether there are motivation differencesbetween male and female users. The samples of this research are college students as the largest usercategory in social media. This research approach is quantitative descriptive with case studies on collegestudents from three state universities in Jakarta. Research results show that there are three majormotivations that highly encourage students to share entertainment information on Twitter. The motivationsare learning, altruism, and enjoyment. Meanwhile, there are two motivations that do not encouragestudents when sharing entertainment information, namely reciprocity and personal gain. In Aldefer ERGTheory, this finding indicates that students are more inclined to meet their growth needs. The process thatis involved in order to meet the needs of sharing entertainment information is satisfaction-strengthening.Through the examination of differences in motivation between male and female users, the finding showsthat there are no significant differences in the motivation factors when sharing entertainment informationon Twitter. |