:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Mengangkat Makna Tersirat Cerita Siyung Wanara dalam Babad Tanah Jawi = Lifting the Meaning of Siyung Wanara Story in the Babad Tanah Jawi

Mohammad Khaifaz Drinanda; Titik Pudjiastuti, supervisor; Novika Stri Wrihatni, examiner; Nanny Sri Lestari, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Kisah hidup manusia selalu menarik untuk ditulis dari waktu ke waktu. Penelitian ini membahas tentang cerita rakyat Siyung Wanara. Pada umumnya masyarakat mengenal cerita Siyung Wanara berasal dari Jawa barat. Namun dalam penelitian ini cerita yang menjadi pusat perhatian adalah cerita Siyung Wanara yang  diambil dari Babad Tanah Jawi  versi prosa karya Ng. Kertapradja (1987). Fokus penelitian ini adalah melihat stuktur cerita Siyung Wanara untuk mendapatkan tema dan amanat cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah mengangkat  tema dan amanat yang disampaikan melalui cerita Siyug Wanara. Tema dan amanat cerita biasa disampaikan secara implisit dalam cerita. Dengan menggunakan prosedur penelitian kualitatif maka peneliti punya kesempatan untuk menginterpretasikan data yang diperoleh dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, cerita Siyung Wanara adalah cerita rakyat yang mengangkat tentang sebuah persahabatan dan perhatian manusia terhadap lingkungan alam sekitarnya. Cerita Siyung Wanara dalam teks Babad Tanah Jawi ini merupakan bentuk varian yang berbeda dari cerita Siyung Wanara yang berasal dari Jawa barat. Dalam cerita Siyung Wanara digambarkan kehidupan masyarakat dan lingkungan alam yang ada di sekitarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut analisis struktur cerita yang dilakukan untuk menemukan struktur inti cerita akan di dalami melalui pembahasan tantang tema dan amanat yang ada dalam cerita. Terutama yang terkait dengan lingkungan alam dan manusia.


The story of human life is always interesting to write from time to time. This study discusses the Siyung Wanara folklore. In general, people know the story of Siyung Wanara originating from West Java. But in this study the story that became the center of attention was Siyung Wanara's story taken from the Babad Tanah Jawi prose version by Ng. Kertapradja (1987). The focus of this research is to look at the story structure of Siyung Wanara to get the theme and the message of the story. The purpose of this study is to raise the theme and mandate conveyed through the Siyug Wanara story. Themes and messages are usually conveyed implicitly in stories. By using qualitative research procedures, researchers have the opportunity to interpret the data obtained from this study. The results showed that, Siyung Wanara's story was a folklore that raised about a friendship and human concern for the surrounding natural environment. The story of Siyung Wanara in the Babad Tanah Jawi text is a form of a different variant from the story of Siyung Wanara originating from western Java. In Siyung Wanara's story the life of the community and the surrounding natural environment is described. To achieve these objectives, story structure analysis is carried out to find the core structure of the story will be explored through discussion of the themes and mandates contained in the story. Especially those related to the natural and human environment.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Mohammad Khaifaz Drinanda.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 26 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-22-45322443 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20511219