ABSTRAK Industri produk kecantikan dan perawatan pribadi natural di Indonesia terus berkembang. Konsumen semakinsadar dan teredukasi tentang isu lingkungan, sehingga mereka mulai menggunakan produk kecantikan danperawatan pribadi yang mengandung bahan natural dan ramah lingkungan. Agar sebuah merek ramah lingkunganmemiliki diferensiasi dari kompetitor dan dapat membuat konsumen melakukan pembelian, perlu dilakukanstrategi green brand positioning (GBP) melalui atribut fungsional maupun manfaat emosional yang dirasakankonsumen. Love Beauty and Planet (LBP) yang menyatakan mereknya sebagai merek kecantikan dan perawatanpribadi yang ramah lingkungan dan menggunakan bahan natural telah melakukan implementasi strategi GBP. Padajurnal makalah ini, analisis dilakukan pada kemasan produk, media sosial, dan situs resmi LBP terhadap sejumlahaspek fungsional dan emosional dari strategi GBP yang telah dieksekusi. Hasil analisis GBP dari LBP dipetakanke dalam tiga komponen brand image, yaitu kekuatan, kesukaan, dan keunikan, untuk melihat aspek apa saja yangdapat membangun image merek ramah lingkungan. Analisis menunjukkan bahwa LBP melakukan strategi GBPdengan menyampaikan atribut fungsional dan manfaat emosional yang ditawarkan merek, yang fungsinya salingmendukung. Implementasi strategi GBP dari LBP dapat membangun kekuatan, kesukaan, dan keunikan LBP. ABSTRACT Natural beauty and personal care industry in Indonesia is continuously growing. Consumers are getting more awareand educated towards environmental issue, as they are starting to use more natural and environmentally friendlybeauty and personal care products. For a green brand to gain differentiation among competitors and convinceconsumers to make purchase, a brand needs to launch green brand positioning (GBP) strategy throughcommunicating their functional attributes and emotional benefits. Love Beauty and Planet (LBP), a beauty andpersonal care brand that identify itself as a natural and environmentally friendly has already implemented GBPstrategy. In this paper, analysis was done on LBP`s product packaging, social media, and official web site towardsa number of functional and emotional aspects of the executed GBP strategy. Analysis result on LBP`s GBP strategywas mapped to the three components of brand image, which is strength, favorability, and uniqueness, to see whichaspect could potentially build a green brand`s image. Analysis showed that LBP did both functional and emotionalGBP, since it complements each other. Also, LBP`s GBP strategy could build the strength, favorability, anduniqueness association of the brand. |