Era industri4.0 menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat karena membawa dampak yang besar pada bidang industri, ekonomi, sosial masyarakat bahkan pendidikan. Pada era industri 4.0 dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki ketrampilan berbeda. Melalui studi literatur, tulisan ini bertujuan mengetahui keberadaan industri 4.0 dikaitkan dengan model pembelajaran STEM. Apa tantangan yang dihadapi serta bagaimana seharusnya model pembelajaran STEM tersebut diterapkan. Hasil studi menunjukkan bahwa pendidikan harus mengambil peran aktif dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang adaptif terhadap keberadaan era industry 4.0. Peran tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat era industri 4.0. Model pembelajaran STEM dipilih karena menggunakan pendekatan yang mampu mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu sains, teknologi, rekayasa, dan matematika yang membentuk skill yang membentuk skill yang diperlukan diera industri 4.0 |