:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pembelajaran science technology enginering dan mathematics (stem) di era industri 4.0

Sujiyo Miranto (The Ary Suta Center, 2020)

 Abstrak

Era industri4.0 menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat karena membawa dampak yang besar pada bidang industri, ekonomi, sosial masyarakat bahkan pendidikan. Pada era industri 4.0 dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki ketrampilan berbeda. Melalui studi literatur, tulisan ini bertujuan mengetahui keberadaan industri 4.0 dikaitkan dengan model pembelajaran STEM. Apa tantangan yang dihadapi serta bagaimana seharusnya model pembelajaran STEM tersebut diterapkan. Hasil studi menunjukkan bahwa pendidikan harus mengambil peran aktif dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang adaptif terhadap keberadaan era industry 4.0. Peran tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat era industri 4.0. Model pembelajaran STEM dipilih karena menggunakan pendekatan yang mampu mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu sains, teknologi, rekayasa, dan matematika yang membentuk skill yang membentuk skill yang diperlukan diera industri 4.0

 Metadata

No. Panggil : 330 ASCSM 48 (2020)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: The Ary Suta Center, 2020
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 19797001
Majalah/Jurnal : The Ary Suta Center
Volume : Vol. 48, Januari 2020: Hal. 109--128
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
330 ASCSM 48 (2020) 03-21-964853919 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20511509