:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Implementasi stimulan reward and punishment pada kurikulum pendidikan antikorupsi

Praise Juinta W.S. Siregar, Nikki Tirta (Komisi Pemberantasan Korupsi, 2020)

 Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Namun kurikulum pendidikan tanpa disertai kultur masyarakat yang kooperatif tidak akan pernah berdampak serius. Pembentukan kultur ini perlu stimulan, dan dalam artikel ini kami menawarkan konsep Perilaku Sosial George Homans dan Interaksionis Simbolik George Herbert Mead sebagai alternatif pendekatan kepada permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif melalui pendekatan studi literatur. Hipotesis kami adalah kurangnya penghargaan (reward) terhadap individu yang berani bersikap antikorupsi merupakan salah satu penyebab dari minimnya kultur tersebut terbangun di tengah masyarakat. Mereka yang berani menjalankan nilai-nilai dasar antikorupsi justru sering mendapatkan tekanan dari peer group. Hal ini memberikan stimulan yang negatif bagi implementasi nilai-nilai antikorupsi.

 Metadata

No. Panggil : 364 INTG 6:1 (2020)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi, 2020
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 2477118X
Majalah/Jurnal : INTEGRITAS: Jurnal Antikorupsi
Volume : Vol. 6, No. 1, Juni 2020: Hal. 153-168
Tipe Konten : teks
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume ; online resource
Akses Elektronik : https://doi.org/10.32697/integritas.v6i1.634
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
364 INTG 6:1 (2020) 08-21-326605464 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20512768