Pemasaran business-to-business (B2B) tidak mendapat perhatian sebanyak pemasaranyang ditargetkan kepada konsumen karena sifatnya yang biasanya dikerjakan dibelakang layar, namun nilai transaksi B2B tetap dianggap substansial dalam jumlah dankontribusinya terhadap perekonomian. Pemasaran B2B biasanya dilakukan oleh timaccount manager perusahaan yang telah melampaui peran sebagai penjual atau salestradisional menjadi fungsi yang lebih strategis, yang berupaya mengembangkanhubungan jangka panjang dengan klien. Di mana materi promosi dan branding yangefektif memberi produk yang ditargetkan kepada konsumen keunggulan dalam aktivitaspemasaran mereka, faktor perilaku dan hubungan dikatakan sebagai pendorong utama dibalik kesuksesan pemasar B2B. Laporan ini akan mengeksplorasi dan menilai cara kerjapemasaran B2B di PT Finnet Indonesia, dimulai dengan bagaimana perusahaanmemahami pasar dan kebutuhannya dengan menggunakan alat-alat sepertiproduct-market fit dan segmentasi pasar produk, sambil melihat lebih dalam lagi ke sisiproduk perusahaan dengan bantuan user experience (UX) dan user interface (UI) untukmenilai salah satu produknya. Laporan ni menyelidiki perbedaan pasar B2B dari pasarbusiness-to-consumer (B2C), dan menilai proses di balik mengapa dan bagaimanabisnis dan organisasi membeli. Selain itu, kami juga mengevaluasi praktik pemasaranB2B dan bagaimana manajer akun di Finnet menangkap peluang dan memeliharahubungan bisnis. Selama magang 3 bulan, temuan terpenting adalah pentingnya strategiberbasis pengetahuan dalam aktivitas pemasaran B2B oleh seorang account manager,baik dalam hal memelihara klien maupun produk yang mereka coba jual. Business-to-business (B2B) marketing does not get as much attention asconsumer-targeted marketing due to its obscure nature of operating behind the scenes,nonetheless the size of B2B transactions are considered substantial in their amount andcontribution to the economy. B2B marketing is usually carried out by a companysteams of account managers who have gone beyond the role of traditional salesmen intoa more strategic function that strives towards developing long-term relationships withclients. Where effective promotional materials and branding give consumer-targetedproducts an edge in their marketing activities, behaviors and relationships are said to bethe key drivers behind the success of B2B marketers. This report will explore and assessthe inner workings of B2B marketing at PT Finnet Indonesia, beginning with how thecompany goes to understand the market and its needs by using tools such asproduct-market fit and segmentation, while also having a deeper product-oriented lookat the companys services with the help of user experience (UX) and user interface (UI)tools to assess one of its products. The report delves into the differences of the B2Bmarket from the business-to-consumer (B2C) market, and assesses the processes behindwhy and how businesses and organizations buy. Furthermore it evaluates the practicesof B2B marketing and how account managers at Finnet capture opportunities andmaintain business relationships. Throughout the 3-month internship, the most importantfindings constitute the importance of knowledge-driven strategies in the accountmanagers B2B marketing activities, whether in terms of clients or the product they aretrying to sell. |