Relasi Strategis antara Negara dan Korporasi: Studi Kasus Struktur Pasar Duopoli pada Bisnis Maskapai Penerbangan di Indonesia (2014-2019) = Strategic Relations between State and Corporations: A Case Study of Duopoly Market Structure in Airline Business in Indonesia (2014-2019)
Deydeandy Luckymirdajuba Iztighfari;
Riaty Raffiudin, supervisor; Meidi Kosandi, examiner; Chaniago, Andrinof Achir, examiner; Sri Budi Eko Wardani, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)
|
Penelitian ini menganalisis penyebab terbentuknya struktur pasar duopoli di bisnismaskapai penerbangan di Indonesia berikut relasi strategis antara negara dankorporasi di sektor bisnis tersebut. Penelitian ini menggunakan teori relasi negaradengan ekonomi Bob Jessop (2010) dan Christopher Pierson (2005) serta didukungoleh konsep negara dalam ekonomi pasar Przeworski (1996). Penelitian inimenggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Temuan penelitian inimenunjukkan bahwa terbentuknya struktur pasar yang hanya dikuasai oleh duapemain besar (duopoli) yang kemudian menciptakan persaingan tidak sempurna disektor bisnis ini disebabkan oleh, pertama adanya kalkulasi strategis negara dalammendorong agenda kepentingan untuk menyelamatkan iklim bisnis yangmenguntungkan di sektor bisnis ini yang berfokus pada pembenahan aspekkeselamatan dan keamaanan serta pembangunan infrastruktur fisik penunjangtransportasi angkutan udara. Kedua, terkait adanya relasi strategis berupa pertautankepentingan antara negara dengan korporasi dalam peristiwa bergabungnya SriwijayaGrup dan Garuda Grup serta hubungan negara dengan Lion Air Grup selaku korporasiyang mendominasi pangsa pasar bisnis maskapai penerbangan di Indonesia. Keduahal tersebut kemudian tidak hanya memperlihatkan campur tangan negara untukmenjaga iklim bisnis yang menguntungkan di sektor ini melainkan jugaberkonsekuensi terhadap struktur pasar persaingan usaha di sektor bisnis ini This study analyzes the causes of the formation of a duopoly market structure in theairline business in Indonesia and the strategic relations between the state andcorporations in the business sector. This study uses the theory of state-economicrelations by Bob Jessop (2010) and Christopher Pierson (2005) and is supported bythe concept of the state in market economy Przeworski's (1996). This study uses aqualitative method with a case study design. The findings of this study indicate thatthe formation of a market structure controlled by only two big players (duopoly)which then creates imperfect competition in the business sector is caused by, first, theexistence of strategic calculations of the state in pushing the agenda of interests tosave a favorable business climate in this business sector. which focuses on improvingsafety and security aspects as well as building physical infrastructure to support airtransportation. Second, related to a strategic relationship in the form of a linkage ofinterests between the state and corporations in the joining of the Sriwijaya Group andthe Garuda Group as well as the state's relationship with the Lion Air Group as acorporation that dominates the market share of the airline business in Indonesia.These two things then show not only state interference to maintain a favorablebusiness climate in this sector but also have consequences on the market structure ofbusiness competition in this business sector |
T-Deydeandy Luckymirdajuba Iztighfari.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 116 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-21-052974849 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20512893 |