:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Mapping & modeling of supply chain system in primaya (ex awal bros) hospital using supply chain operating reference (scor) & business process modeling notation (BPMN) method.

Aditya Herdiyan Pratama; Nurmala, supervisor; Athor Subroto, examiner; Toto Pranoto, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Rumah sakit adalah salah satu bisnis yang paling unik karena perlu menyeimbangkan perolehan keuntungan serta 'penyelamatan hidup' dalam hal kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, pengelolaan biaya operasional yang efisien & efektif merupakan hal terpenting dalam keberlangsungan Rumah Sakit. Salah satu cost-driver yang paling berpengaruh dalam Operasi Rumah Sakit adalah Rantai Pasok Obat. Namun penelitian mengenai Rantai Pasok Obat-obatan masih terbatas, terutama di Rumah Sakit Swasta yang harus memberikan keuntungan kepada pemangku kepentingan serta mematuhi kebijakan pemerintah. Rumah Sakit Primaya adalah salah satu jaringan Rumah Sakit Swasta terbesar di Indonesia dengan cabang di kota-kota terbesar di Indonesia. Skripsi ini mengusulkan penggunaan Supply Chain Operations Reference (SCOR) untuk memodelkan Operasi Rantai Pasok Rumah Sakit sebagai alat untuk membantu dalam analisis manajerial rumah sakit. Meskipun SCOR adalah metode pemodelan rantai pasokan yang terbukti dan kuat, beberapa proses pelengkap mungkin ada yang tidak tercakup dalam standar SCOR. Oleh karena itu, tesis ini selanjutnya mengusulkan penggunaan Business Process Modelling Notation (BPMN) untuk digunakan sebagai alat pemodelan dengan menggunakan model SCOR sebagai basis. Penelitian yang dilakukan menemukan beberapa proses yang terstandarisasi dalam Operasional RS Primaya yang belum tercakup dalam model SCOR seperti rantai pasok internal di dalam RS serta beberapa event proses tambahan. Dengan begitu, penelitian dalam tesis ini akan berkontribusi pada pembentukan model Operasi Rantai Pasok Farmasi yang kuat yang saat ini dipraktikkan di Rumah Sakit Primaya.

Hospital is one of the most unique business as it needs to balance profit-making as well as ‘life-saving’ in terms of customer satisfaction. Therefore, efficient & effective operational cost management is paramount in a Hospital’s sustainability. One of the most influential cost-driver in a Hospital Operation is the Pharmacy or Drugs Supply Chain. However, research regarding the Drugs Supply Chain is limited, particularly in Private Hospitals in which it has to deliver profit to the stakeholder as well as comply with government policies. Primaya Hospital is one of the biggest Private Hospital chains in Indonesia with branches across Indonesia's biggest cities. This thesis proposes the use of Supply Chain Operations Reference (SCOR) to model the Hospitals Supply Chain Operations as a tool to assist in the hospital's managerial analysis. While SCOR is a proven and robust method of supply chain modeling, some complementary processes may exist which are not covered by the SCOR standard. Therefore, this thesis further proposes the use of Business Process Modeling Notation (BPMN) be used as a modeling tool using the SCOR model as a basis. The research conducted finds a few processes standardized in Primaya Hospital Operations which are not yet covered by the SCOR model such as the internal supply chain within the Hospital as well as some added process events. In this sense, the research in this thesis will contribute to the establishment of a robust Pharmacy Supply Chain Operation model currently practiced in Primaya Hospital.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Aditya Herdiyan Pratama.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 73 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-69228793 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20513138