Analisis Tiga Dimensi Memetik pada Meme Viral Bertema Politik di Twitter Saat Peristiwa Demonstrasi Mahasiswa September 2019 = Three-Dimensional Memetic Analysis of Student Demonstration September 2019's Political-Themed Viral Memes on Twitter
Eldo Novan Pratama;
Ummi Salamah, supervisor; Dorien Kartikawangi, examiner; Nainggolan, Juli Bestian, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)
|
Menggambarkan bagaimana meme politik yang viral di media sosial Twittermelalui tiga dimensi dan faktor penyebaran konten apa saja yang muncul dalammeme politik viral di media sosial Twitter pada saat demonstrasi mahasiswa padaSeptember 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodeanalisis isi (content). Data yang dianalisis adalah dari hasil dokumentasi lapanganpada media Twitter. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa meme mengandungtiga dimensi, yang mana setiap meme memiliki karakteristik dimensinya masingmasing.Viralnya sebuah meme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ialahenam faktor konten viral yang dikemukakan oleh Shifman (2014). Setiap memepasti memiliki dua atau lebih faktor tersebut. Faktor positivity (humour) merupakansalah satu faktor yang sangat digemari dan dapat menjadi hal krusial dalammembantu penyebaran meme tersebut. Selain itu, setiap meme juga memiliki fungsikomunikasinya masing-masing yang dapat membantu bagaimana meme tersebutdapat diterima baik dalam masyarakat. Meme yang viral juga bisa dibuat oleh akunyang memiliki pengikut yang sedikit Describes how viral political memes on Twitter social media through threedimensions and what content distribution factors appeared in viral political memeson Twitter social media during student demonstrations in September 2019. Thisstudy uses a qualitative approach with content analysis methods. The data analyzedis from the results of field documentation on Twitter media. From the results of thisstudy, it is known that memes contain three dimensions, where each meme has itsown characteristic dimensions. The virality of a meme is influenced by severalfactors, including the six factors of viral content stated by Shifman (2014). Everymeme has two or more of these factors. The positivity (humor) factor is one factorthat is very popular and can be crucial in helping the spread of these memes. Inaddition, each meme also has its own communication function which can help howthe meme can be well received in society. Memes that are viral can also be createdby accounts that have a small following |
T-Eldo Novan Pratama.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource (rdacarries) |
Deskripsi Fisik : | ix, 141 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-21-501906470 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20513176 |