Evaluasi kepuasan karyawan PT. Golden Harvest Cocoa Indonesia menggunakan metode kano model = Evaluation of employee satisfaction at PT. Golden Harvest Cocoa Indonesia using an alternative kano model
Jonathan Farrel Kosimwidjaja;
Dendi Prajadhiana Ishak, supervisor; Komarudin, examiner; Maya Arlini Puspasari, examiner; Teuku Naraski Zahari, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)
|
PT. Golden Harvest Cocoa Indonesia sedang mengalami sebuah masalah dimana banyakdari karyawan yang dipekerjakan dari masyarakat sekitar tidak mempunyai kompetensi,yang dibuktikan dengan nilai rendah dalam tes yang diadakan dalam workshop danpenilaian dari audit eksternal. Perusahaan telah memberikan mereka pelatihan daninformasi cukup mengenai pekerjaan mereka namun mereka tidak mempunyaikemampuan mental untuk bekerja dengan lebih baik. Perusahaan ingin mencari cara lainuntuk menaikkan tingkat kompetensi karyawan selain memberikan mereka pelatihan danpendidikan yang benar. Salah satu hipotesis yang digunakan adalah bahwa mencari halhalapa saja yang membuat karyawan tidak puas dengan pekerjaan mereka danmemperbaiki hal-hal tersebut bisa menaikkan kompetensi. Sebuah survey kepuasankaryawan dilaksanakan bagi karyawan perusahaan, dan menggunakan sebuah teorikepuasan karyawan Kano model alternative, butir-butir yang dibahas dalam survey dapatdikelompokkan kedalam empat kategori Kano: Delighters, Dissatisfiers, atributPerformance, dan atribut Indifferent. Kategori Dissatisfier dan atribut Performanceadalah dua kategori yang paling diperhatikan sebab Dissatisfier adalah sumber dariketidakpuasan karyawan dan atribut Performance dapat meningkatkan kepuasan danmenurunkan ketidakpuasan secara bersamaan. Survei membuktikan bahwa aspek yangpaling menjadi perhatian bagi karyawan adalah mereka perlu atasan yang mereka bisaandalkan jika sesuatu yang luar biasa terjadi dan juga pengertian yang baik tentang jobdescription mereka dan semua sarana dan prasarana yang mereka bisa gunakan untukpekerjaan mereka. Salah satu cara masalah in bisa diatasi adalah dengan pengerahanpemimpin tim agar mereka bisa menjadi motivator dan pengelola tim yang baik. PT. Golden Harvest Cocoa Indonesia is currently facing an issue in which many of thelocally sourced employees of the company are lacking in competence, as evident by theirlow scores in workshop tests and external audits. The company has given them adequatetraining and information, but they simply do not have the mental capability to performbetter. The company wants to look for other ways in which the competence level of theemployees can be increased beside giving them the proper education and training for thejob. It is hypothesised that finding out the current aspects of dissatisfaction among theemployees and fixing them can improve competence. An employee satisfaction survey iscarried out among the organisation’s employees, and using an alternative form of theKano model of customer and employee satisfaction, the different attributes in the surveycan be mapped out into four Kano categories: Delighters, Dissatisfiers, Performanceattributes, and indifferent attributes. The dissatisfiers and performance attributes are theareas of most concern because dissatisfiers are the main sources of dissatisfaction andperformance attributes have the potential to increase satisfaction and decreasedissatisfaction at the same time. The survey reveals that the aspect that is the mostconcerning for employees is that they need someone to report to in the case of somethingout of the ordinary happening and they need a good understanding of their job descriptionand all the resources available for them to do their job. One way this problem can besolved is by expanding the role of team leaders in the company so that team leaders canfunction as good motivators and managers of their team. |
S-Jonathan Farrel Kosimwidjaja.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021 |
Program Studi : |
Bahasa : | eng |
Sumber Pengatalogan : | LibUI eng rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource (rdacarries) |
Deskripsi Fisik : | xi, 88 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-pdf | 14-22-72758120 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20513795 |