:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Membangun Karakter Peduli Lingkungan dengan Pembelajaran Pertanian Organik, Tingkat Kepedulian Lingkungan, dan Proses Habituasi (Suatu Studi Di Sekolah Alam Cikeas, Gunungputri, Kabupaten Bogor) = Building Character of Environmental Concern with Organic Farming Learning, Level of Environmental Concern, and Habituation Process (A Study at Cikeas Nature School, Gunungputri, Bogor)

Kholidin; Dwi Nowo Martono, supervisor; Nadiroh, supervisor; Mortaza A Syafinuddin Hammada, examiner; Abdulkadir Rahardjanto, examiner (Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Beberapa perilaku yang merusak lingkungan adalah merusak tanaman, menebang
pohon, boros penggunaan air, dan membuang sampah sembarangan. Masalah riset
adalah terdapat siswa yang belum berkarakter peduli lingkungan padahal alam
sebagai media belajarnya telah diberikan. Tujuannya adalah mengukur perubahan
tingkat kepedulian lingkungan peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran
pertanian organik, menganalisis hubungan antara varibael, dan membuat konsep
pembangunan karakter peduli lingkungan pada materi pembelajaran pertanian
organik. Pendekatan risetnya adalah kuantitatif. Metode, teknik, dan pengambilan
data menggunakan metode campuran. Hasil menunjukkan bahwa terjadi perubahan
tingkat kepedulian lingkungan pada indikator hemat dalam penggunaan air, yaitu
sebesar 49,16%. Korelasi yang cukup antara pertanian organik dan pembangunan
karakter peduli lingkungan sebesar 0,412 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000
pada α=0,01. Korelasi yang cukup antara proses pembiasaan dan pertanian organik
terhadap pembangunan karakter peduli lingkungan sebesar 0,430 dengan tingkat
signifikan sebesar 0,000 pada α=0,01. Konsep membangun karakter peduli
lingkungan terdiri dari tiga komponen, yaitu proses pembiasaan, integrasi
pembelajaran, dan penanaman nilai-nilai peduli lingkungan. Kesimpulannya adalah
membangun karakter peduli lingkungan dapat dilakukan melalui pertanian organik,
proses pembiasaan, perubahan tingkat kepedulian lingkungan, integrasi
pembelajaran, dan penanaman nilai-nilai peduli lingkungan. Karakter peduli
lingkungan dibangun adalah menyayangi tanaman, hemat penggunaan air, memilah
dan membuang sampah pada tempatnya, menggunakan kembali sampah yang
dihasilkan, dan memanfaatkan bahan organik.

Some of the behaviours that damage the environment are damaging plants, cutting
trees, wasteful use of water, and littering. The research problem is that a few
students do not have the character to care about the environment even though nature
has given as a learning medium. The goal is to measure changes in the level of
environmental awareness of students before and after learning organic agriculture,
analyze the relationship between variables, and create a concept of character
building that cares about the environment in organic farming learning materials.
The research approach is quantitative. Methods, techniques, and data collection
using mixed methods. The results show that there is a change in the level of
environmental awareness on the indicator of saving water use, amounting to
49.16%. A sufficient correlation between organic farming and environmental care
character development is 0.412, with a significant level of 0.000 at α = 0.01. A
sufficient correlation between the habituation process and organic farming on the
character building of environmental care is 0.430, with a significant level of 0.000
at α = 0.01. The concept of building a caring character for the environment consists
of three components, namely the habituation process, the integration of learning,
and the inculcation of environmental care values. The conclusion is that building a
caring character for the environment can do through organic farming, the process
of habituation, changes in the level of environmental awareness, integration of
learning, and planting values of environmental care. The character of caring for the
environment is built by loving plants, saving water use, sorting and disposing of
waste in its place, reusing the generated waste, and utilizing organic materials

 File Digital: 1

Shelf
 T-Kholidin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xxi, 88 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-37419177 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514003