Tidak mendapatkan imunisasi dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit, terutama penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Sekitar 19,4 juta bayi di dunia masih tidak mendapatkan imunisasi dasar dan 60% diantaranya tinggal di Angola, Brazil, Kongo, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filifina, Vietnam, dan Indonesia. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi status imunisasi dasar adalah pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pendidikan ibu dengan status imunisasi dasar lengkap pada bayi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data SDKI 2017 dengan rancangan studi potong lintang. Sampel penelitian yaitu anak usia 12-23 bulan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 3386. Data dianalisis secara univariat, bivariat, dan multivariat. Persentase bayi yang memiliki status imunisasi dasar lengkap sebesar 60,5% dan 39,5% lainnya tidak lengkap. Sebagian besar ibu berpendidikan menengah (56,7%). Terdapat hubungan signifikan antara pendidikan ibu dengan status imunisasi dasar lengkap. Terdapat interaksi antara pendidikan ibu dengan urutan kelahiran anak dan jumlah anggota keluarga dalam hubungannya dengan status imunisasi dasar. Not getting immunized can increase a person’s risk of getting diseases, especially diseases that can be prevented by immunization. About 19.4 million babies in the world still do not get basic immunization and 60% of them live in Angola, Brazil, Congo, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Philippines, Vietnam, and Indonesia. One of the factors that can affect basic immunization status is education. This study aims to determine the relationship between mother’s education and the completeness status of basic immunizations in infants in Indonesia. This study used the 2017 IDHS data with a cross-sectional study design. The sample of the study were 3386 children aged 12-23 months who met the inclusion and exclusion criteria. The data were analyzed using univariate, bivariate, and multivariate analyzes. Percentage of children aged 12-23 months who had complete basic immunization status was 60.5% and 39.5% were incomplete. Most of the mothers have secondary education (56.7%). There is a significant relationship between mother’s education and status of basic immunizations. There is an interaction between maternal education and child birth order and the number of family members in relation to basic immunization status. |