:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemaknaan pesan dalam iklan Dove #cantiksatukankita oleh perempuan Indonesia berkulit gelap dan berambut keriting = Reception towards messages in Dove's #cantiksatukankita advertisement by dark-skinned and curly-haired Indonesian women

Fransiska Larasati Dyah Sekaringtyas; Nadia Andayani, supervisor; Billy K. Sarwono, examiner; Bambang Wachyudianto, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi pemaknaan khalayak terhadap produk femvertising dengan mendalami pengalaman perempuan Indonesia berkulit gelap dan berambut keriting terhadap standar kecantikan dominan dan pemaknaannya terhadap iklan #CantikSatukanKita oleh Dove Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif dan metode wawancara mendalam, peneliti membahas hubungan antara pemaknaan khalayak terhadap standar kecantikan dominan dengan pembacaannya terhadap produk femvertising #CantikSatukanKita oleh Dove. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun khalayak pernah melakukan pembacaan dominan terhadap standar kecantikan, khalayak mendapat kekuatan untuk melawan diskursus utama seiring dengan berjalannya waktu. Setelah mereka melakukan counter-discourse terhadap diskursus utama, khalayak terpapar oleh iklan #CantikSatukanKita. Latar belakang dan pengalaman hidup masing-masing khalayak mendorong khalayak untuk melakukan pembacaan dominan dan negosiasi terhadap produk femvertising Dove.

This research discusses audiences’ reception towards femvertising by exploring the life experiences of dark-skinned and curly-haired Indonesian women regarding the dominant beauty standards and how they perceive the advertisement #CantikSatukanKita by Dove Indonesia. Through qualitative approach and in-depth interview, this study describes the relationship between audiences’ reception towards the dominant beauty standards in Indonesia with their readings toward femvertising #CantikSatukanKita by Dove Indonesia. The result showed that even though audiences performed dominant reading towards the beauty standards, as time went by they started to gain power to counter the discourse. Once they have countered the dominant discourse, then they are exposed to #CantikSatukanKita. Audiences’ background and life experiences shaped them into performing dominant and negotiated reading to Dove Indonesia’s #CantikSatukanKita.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Fransiska Larasati Dyah Sekaringtyas .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 74 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-77308569 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514131