:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Konsep Island Charging di Negara Kepulauan Indonesia Studi Kasus Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur = Island Charging Concept in Archipelago of Indonesia Case Study: Timor Island, East Nusa Tenggara

Leonardus Hamonangan Sijabat; Eko Adhi Setiawan, supervisor; Widodo Wahyu Putranto, examiner; Dedi Priadi, examiner; Bambang Priyono, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Sistem Tenaga Listrik (STL) Indonesia saat ini masih berkaca pada Negara Kontinental
(daratan) dan tidak cocok jika terus diterapkan di Negara Kepulauan seperti Indonesia.
Maka dengan membuat konsep Island Charging pada studi kasus Pulau Timor baik dari
sisi teknologi storage, supply chain dan keekonomian kiranya menjadi alternatif serta
solusi orisinil dalam memecahkan masalah energi seperti pemerataan elektrifikasi,
terciptanya lingkungan bersih dan meningkatnya nilai tambah ekonomi serta benefit
untuk daerah sekitarnya. Dimana metodologi yang digunakan mulai dari analisa teknis
transportasi dan teknologi Mobile Energy Storage System (MESS), kemudian dilanjutkan
dengan analisa ekonomi menggunakan Livelized Cost of Storage (LCOS) pada MESS
yang dominan dipengaruhi oleh moda transportasi. Hasil dari perhitungan tersebut akan
dibandingkan terhadap keekonomian Generator Setting (Genset) diesel di Pulau Wetar
sehingga diperoleh kesimpulan bahwa konsep Island Charging ini dapat dikatakan
feasible apabila faktor eksternalitas ikut diperhitungkan dan adanya subsidi dari
Pemerintah jika menggunakan energi terbarukan

The current Indonesian Electric Power System (STL) still reflects on the Continental
Country (mainland) and is not suitable if it continues to be applied in an archipelago
country like Indonesia. So by making the concept of Island Charging in the case study of
Timor Island, both in terms of storage technology, supply chain, and economics, it is
likely to be an alternative and original solution in solving energy problems such as
equalization of electrification, creating a clean environment and increasing economic
added value and benefits to the surrounding area. The methodology used starts from
technical analysis of Mobile Energy Storage System (MESS) transportation and
technology, then continues with economic analysis using Levelized Cost of Storage
(LCOS) in MESS, which is dominantly influenced by the mode of transportation. The
results of these calculations will be compared to the economy of the Diesel Generator
Setting (Genset) on Wetar Island so that the conclusion is that the Island Charging concept
can be said to be feasible if externalities are taken into account, and there is a subsidy
from the Government when using renewable energy

 File Digital: 1

Shelf
 T-Leonardus Hamonangan Sijabat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xiii, 61 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-09516386 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514182