:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kontak Bayangan untuk Meningkatkan Penerimaan Mahasiswa pada Teman Sebaya Perantau = Imagined Contact to Enhance Peer Acceptance for Out-town College Students

Panjaitan, Lidya Kemala Sari; Pelupessy, Dicky Chresthover, supervisor; Mirra Noor Milla, examiner; Dianti Endang Kusumawardhani, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Performa akademik pada mahasiswa dapat juga dipengaruhi oleh hubungan interpersonal di lingkungan akademik. Ketika seseorang merasa diterima oleh teman sebaya di kampus, maka ia akan mempersepsi bahwa lingkungan belajar adalah tempat yang menyenangkan, sehingga performa akademik juga akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas intervensi kontak bayangan untuk meningkatkan penerimaan pada teman sebaya perantau. Studi baseline yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya penerimaan mahasiswa pada teman sebaya perantau di universitas swasta. Intervensi dirancang menggunakan teori kontak bayangan untuk meningkatkan penerimaan terhadap teman sebaya. Intverensi dilakukan terhadap 56 orang mahasiswa tingkat pertama non-rantau yang memiliki pengalaman dengan teman sebaya mahasiswa rantau sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan rata-rata nilai pre dan post test pada kelompok intervensi, meskipun peningkatan nilai tersebut tidak signifikan (sig. > 0.05). Hal tersebut terjadi karena beberapa batasan yang tidak dapat dikontrol, seperti situasi intervensi yang terjadi secara daring melalui zoom.

Student’s academic performance might be affected by interpersonal relations in the academic environment. Students from other towns need to make more effort to build a positive relationship with their academic environment at college. Peer acceptance at college can build a perception that their social network and academic environment are fun and enhance academic performance as well. The purpose of this research is to test if the imagined contact will be efficient to enhance peer acceptance for out-town college students. This research involves 56 first-year local college students that have experiences interact with students from another town. The main result showed there are no significant differences (sig. >0.05) from the average score before and after the intervention. There are some limitations of this research that can be improved for the next research.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Lidya Kemala Sari Panjaitan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xiv, 46 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-82281961 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514186