:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh dukungan sosial terhadap adaptabilitas karier yang dimediasi oleh core self-evaluation pada mahasiswa jenjang strata satu dari Provinsi Papua dan Papua Barat = The influence of social provisions on career adaptability mediated by core self-evaluation among undergraduate students from Papua and Papua Barat Province.

Nungky Karina Putri; Rose Mini Agoes Salim, supervisor; Wahyu Indianti, examiner; Farida Kurniawati, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa adaptabilitas karier merupakan faktor yang menentukan keberhasilan mahasiswa strata 1 (S-1) dari Provinsi Papua dan Papua Barat dalam menyelesaikan pendidikannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan sosial yang dirasakan dari orang tua, teman dan dosen terhadap adaptabilitas karier melalui core self-evaluation pada mahasiswa S-1 dari Provinsi Papua dan Papua Barat. Responden penelitian adalah 176 mahasiswa S-1 dari Provinsi Papua dan Papua Barat yang menempuh pendidikan di beberapa wilayah di Indonesia, baik perguruan tinggi atau swasta. Instrumen yang digunakan meliputi tiga macam skala yaitu Social Provision Scale, Core Self-Evaluation Scale dan Career Adapt-abilities Scale yang disebarkan dalam jaringan (online). Pengolahan data menggunakan macro PROCESS dari Hayes. Hasil uji menunjukkan bahwa core self-evaluation memediasi sebagian pengaruh dukungan dari orang tua (ab = 0,1105, p < 0,05), teman (ab = 0,1142, p < 0,05) dan dosen (ab = 0,1390, p < 0,05) terhadap adaptabilitas karier mahasiswa S-1 dari Provinsi Papua dan Papua Barat. Selanjutnya implikasi, limitasi dan saran untuk penelitian akan didiskusikan.

The phenomenon in the field shows that career adaptability is a factor that determines the success of undergraduate students from Papua and West Papua Provinces in completing their education. Therefore, this study aims to examine the effect of perceived social support from parents, friends and lecturers on career adaptability through core self-evaluation among undergraduate students from Papua and West Papua Province. Research respondents were 176 undergraduate students from Papua and West Papua Province who studied in several regions in Indonesia, either public or private universities. The instruments used include three different scales, namely the Social Provision Scale, the Core Self-Evaluation Scale and the Career Adapt-abilities Scale. All scale are distributed online. Data processing uses the PROCESS macro from Hayes. The test results showed that the core self-evaluation partially mediated the influence of perceived social support form parents (ab = 0.1105, p <0.05), friends (ab = 0.1142, p <0.05) and lecturers (ab = 0.1390, p <0.05) on the career adaptability among undergraduate students from Papua and Papua Barat Provinces. Further implications, limitations and suggestions for research are discussed.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Nungky Karina Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 88 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia.
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 16-22-87764539 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514198