Psikoedukasi secara Daring untuk Meningkatkan Pemahaman mengenai Pengasuhan Positif pada Ibu dengan Status Sosial Menengah ke Bawah yang Memiliki Anak Usia 3-5 Tahun = Online Psychoeducation To Improve a Comprehension of Positive Parenting for Mothers of 3 to 5 Year Old Children with Middle-to-low Socioeconomic Status
Mahardhika Annisa Tuzzuhro;
Puji Lestari Suharso, supervisor; Efriyani Djuwita, supervisor; Rose Mini Agoes Salim, examiner; Farida Kurniawati, examiner
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)
|
Keluarga yang berasal dari status sosial ekonomi menengah ke bawah cenderung kurangmemiliki pemahaman pengasuhan yang positif sehingga berisiko menghambat pencapaianperkembangan anak, khususnya pada periode kritis usia anak 3-5 tahun. Diperlukanintervensi untuk meningkatkan pemahaman pengasuhan positif, salah satunya denganpsikoedukasi. Studi ini bertujuan untuk melihat efektivitas psikoedukasi sebagai metodeintervensi dalam meningkatkan pemahaman pengasuhan positif. Desain penelitian yangdigunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 14 orang ibuberlatar belakang sosial ekonomi menengah ke bawah. Psikoedukasi dilakukan selama tigasesi secara daring. Pengukuran pemahaman mengenai pengasuhan positif dilakukansebanyak tiga kali, yakni sebelum psikoedukasi, segera setelah psikoedukasi selesai dan 10hari setelah intervensi. Analisis menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkanadanya perbedaan skor yang signifikan antara sebelum dan sesudah psikoedukasi diberikan(p < 0,05). Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mengenaipengasuhan positif yang dimiliki oleh ibu setelah mengikuti psikoedukasi. Sementara itu,terdapat penurunan pemahaman ibu setelah 10 hari dilakukan intervensi. Penelitian initerbatas hanya pada ranah kognitif saja, disarankan agar dapat ditingkatkan ke ranah afektifhingga psikomotor. Families in middle-to-low socioeconomic status tend to have less comprehension aboutpositive parenting, which may hinder child optimal development, especially in criticalage i.e. 3 to 5 year old. Psychoeducation is one of interventions which is needed toimprove comprehension of positive parenting to children. This study aims to find theeffectiveness of psychoeducation in improving comprehension of positive parenting. Thisstudy design is one group pretest-posttest design. Subjects of this study are 14 motherswith middle-to-low socioeconomic status background. The psychoeducation was held forthree sessions through video conference. The data were collected 3 times, before theintervention, immediately after the intervention, and 2 weeks after the intervention. Dataanalysis using Wilcoxon Signed-Rank Test shows significant score difference betweenbefore and after psychoeducation was provided (p < 0,05). This indicates increasing scoreof positive parenting related understanding in mothers after attending thepsychoeducation. However, there was derivation score of mothers' comprehension in 10days after the intervention. This study limited to cognitive area, next can be elevated intoaffective or psychomotor area. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource (rdacarries) |
Deskripsi Fisik : | xiii, 63 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-22-98563982 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514417 |