Pengaruh Tagar #2019GantiPresiden di Media Sosial (Facebook, Instagram dan Twitter) terhadap Partisipasi Milenial DKI Jakarta dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 = The Influence of Hashtag #2019GantiPresiden on Social Media (Facebook, Instagram and Twitter) to Participation of Millenial of DKI Jakarta in the 2019 Presidential Election
Muhammad Iqbal Themi;
Aditya Perdana, supervisor; Meidi Kosandi, examiner; Ali Muhyidin, examiner; Sri Budi Eko Wardani, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)
|
Tesis ini menguji pengaruh dari keterpaparan tagar #2019GantiPresiden di tiga platformmedia sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter terhadap partisipasi politikmilenial DKI Jakarta baik secara online maupun offline. Pengujian tersebut berdasarkanempat tahapan mekanisme psikologis dari teori Model Partisipasi Politik Media Sosialdari Jonathan Knoll, Jorg Matthes, dan Raffael Heiss (2018). Metode penelitian yangdigunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisionerterhadap 400 sampel yang dipilih secara multistage random sampling. Pengujianhipotesis berdasarkan statistik deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi liniersederhana. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) penggunaan media sosial berhubungandengan dan berpengaruh rendah terhadap partispasi politik online maupun offline (low& high effort) milenial DKI Jakarta, dan (2) rendahnya partisipasi politik milenial DKIJakarta terkait tagar #2019GantiPresiden pada pemilu presiden tahun 2019 karenamilenial tidak menganggap tagar tersebut sebagai tujuan dominan (dominant goalappraisal) dan menilai tidak adanya konsistensi atau pesan partisipatif (consistencyappraisal) pada tagar #2019GantiPresiden. This thesis examines the influence of exposure of the hashtag # 2019GantiPresiden onthree social media platforms such as Facebook, Instagram and Twitter to online andoffline political participation of Millenial of DKI Jakarta in the 2019 PresidentialElection. This research based on four of psychological mechanism of Social MediaPolitical Participation Model theory from Jonathan Knoll, Jorg Matthes, and RaffaelHeiss (2018). The research uses a quantitative method with questionnaire method ofdata collection from 400 samples selected by multistage random sampling. Hypothesistesting is based on descriptive statistics, simple linear regression analysis. The resultsshow that (1) the use of social media is associated with and influenced to the online andoffline political participation (low & high effort) of millennial DKI Jakarta, and (2) thelow political participation of DKI Jakarta millennials related to the hashtag#2019GantiPresiden in the 2019 presidential election because millennials do notconsider this hashtag to be a dominant goal appraisal and assess the lack of consistencyor participatory messages (consistency appraisal) in the hashtag # 2019GantiPresiden |
T-Muhammad Iqbal Themi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 121 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-22-70438846 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514832 |