:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi Proses Pelaksanaan Program Indonesia Pintar di Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon Tahun 2019 = Implementation Process Evaluation of Program Indonesia Pintar At Babakan Sub-district Cirebon Regency of 2019

Meiynana, examiner; Sari Viciawati Machdum, supervisor; Ety Rahayu, examiner; Johanna Debora Imelda, examiner; Sofyan Cholid, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang Evaluasi Proses Pelaksanaan Program Indonesia Pintar
sebagai salah satu Nawacita dalam bidang pendidikan yang bertujuan untuk
meningkatkan akses layanan pendidikan bagi anak usia 6-21 tahun yang berasal dari
keluarga tidak mampu. Lokasi penelitian adalah SMA yang berada di Kecamatan
Babakan sebagai representasi pelaksanaan PIP terbaik di Kabupaten Cirebon.
Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian evaluasi menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, studi
literatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Pelaksanaan
PIP di Kecamatan Babakan terdapat keterkaitan komponen input atau sumber daya
yang mendukung yaitu adanya pelaksana PIP yang memiliki kompetensi dan jumlah
sesuai dengan kebutuhan di setiap unsur yang terlibat, adanya sarana dan anggaran
yang mendukung pelaksanaan seperti pemberian insentif pada petugas PIP, serta
adanya pedoman pelaksanaan PIP yang digunakan. Sumber daya tersebut mendukung
adanya tahapan mekanisme pelaksanaan yang sesuai dengan petunjuk pelaksanaan PIP
yang berjalan pada setiap jenjang serta pada tiap tahapan mekanisme saling berkaitan
dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan PIP. Mekanisme berawal dari adanya
sosialisasi dan koordinasi mengenai pelaksanaan PIP oleh Kemdikbud kepada seluruh
unsur yang terlibat. Selanjutnya proses pengusulan data calon penerima PIP yang
sesuai dengan kriteria yaitu pemilik KIP dan Non-KIP yang terdaftar dalam sumber
data kemiskinan, proses penyaluran PIP yang dilaksanakan sesuai dengan perjanjian
dan waktu yang tepat, proses pencairan yang dilakukan oleh penerima PIP di BNI
Losari yang berjalan dengan lancar, dan adanya proses pemantauan yang dilakukan
oleh Direktorat SMA serta Cabang Dinas Wilayah X. Rekomendasi dari penelitian ini
yaitu meningkatkan komitmen dan tanggung jawab pada setiap unsur yang terlibat
sesuai dengan peran dan fungsi pada pelaksanaan PIP, adanya proses perencanaan
penyusunan program yang lebih baik sumber daya untuk mendukung pelaksanaan PIP
agar mencapai tujuan, serta pelaksanaan PIP pada jenjang SMA yang baik di
Kecamatan Babakan dapat menggunggah daerah-daerah lainnya untuk mengikuti dan
menerapkan.

This thesis discusses the evaluation of the Program Indonesia Pintar (PIP) as one of the
Nawacita program in the field of education which aims to increase access to education
services for school-age children who come from underprivileged families. The research
location is a high school located in Babakan subdistrict which based on premliminary
observations shows an indication of successful PIP implementation. This research uses a
evaluation type research with qualitative approach. The data is collected through document
review by analizing the PIP report data and in-depth interviews with relevant stakeholders.
The results showed that in the implementation of PIP in Babakan subdistrict there was a
linkage of supporting resources, namely the existence of PIP implementers who had a
sufficient number and competence to the needs of each element involved, the facilities and
budgets that supported implementation such as providing incentives to PIP officers, and
the usage of PIP implementation guidelines. These resources support the stages of the
coordination and socialization implementation mechanism that runs at each level and at
each stage whichare interrelated and influence the achievement of PIP goals. The
mechanism begins with the socialization and coordination of the implementation of PIP by
the Ministry of Education and Culture to all elements involved. Furthermore, the process
of proposing data for potential PIP recipients that is in accordance with the criteria, namely
ownership of Kartu Indonesia Pintar and Non-KIP owners who are registered in the poverty
data source. The PIP distribution process is carried out according to the agreement in timely
manner, the disbursement process carried out by PIP recipients at BNI Losari is running
smoothly, and there is a monitoring process carried out by the Direktorat SMA and Cabang
Dinas Pendidikan Wilayah X. The recommendations of this study are to increase the
commitment and responsibility of each element involved in accordance with the roles and
functions in the implementation of PIP, a better program resources planning process to
support the implementation of PIP in order to achieve goals, as well as the implementation
of PIP at the SMA level which is well-implemented in Babakan subdistrict and could
motivate other areas to follow and implement

 File Digital: 1

Shelf
 T-Meiynana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xiv, 189 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-41655657 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514865