Pengaruh Pesan Iklan Dan Sponsorship Terhadap Kesadaran Merek Dan Citra Merek “Studi pada Pesan Iklan Shopee dan Sponsorship Liga Sepak Bola ‘Shopee Liga 1’ pada Lokapasar Online Shopee di Kalangan Pria Milenial” = The Influence of Advertising Messages and Sponsorship on Brand Awareness and Brand Image "Studies on Shopee Advertising Messages and Football League Sponsorship" Shopee Liga 1 "on Shopee Online Marketplace among Millennial Men"
Melati Oktaviana Lestyan Putri;
Hifni Alifahmi, supervisor; Niken Febrina Ernungtyas, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)
|
Digitalisasi pada era ini sudah merambah ke pangsa jual beli online melaluiaplikasi, dengan banyaknya kompetitor maka lokapasar yang bersaing diIndonesia harus pintar mencari peluang dan memiliki ide-ide yang kreatif.Shopee salah satu dari lokapasar online yang bersaing dengan lokapasar lainnyauntuk mengakusisi konsumen pria dengan usia milenial, hal ini dikarenakanpeminatnya masih dalam lingkup gender wanita. Shopee mencoba melakukanmelalui strategi iklan dan sponsorship pada event sepak bola Indonesia untukmeningkatkan kesadaran merek dan citra merek Shopee di kalangan konsumenpria. Tesis ini akan membahas seberapa besar pengaruh dari strategi yangdilakukan oleh Shopee. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatidengan jumlah responden sebanyak 180 orang pria dengan rentang usia milenialyaitu 20-34 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masing-masingvariabel pesan iklan dan variabel sponsorship memiliki pengaruh yang signifikanterhadap variabel kesadaran merek maupun citra merek. Hasil ini juga diharapkanmenjadi acuan untuk penelitian berikutnya serta evaluasi bagi pemegang merektersebut. Digitalization in this era has penetrated into the online buying and selling marketthrough applications, with so many competitors, competing local markets inIndonesia must be smart in looking for opportunities and have creative ideas.Shopee is one of the online marketplaces that compete with other markets toacquire millennial male consumers, this is because the enthusiasts are still in thefemale gender sphere. Shopee tries to do this through advertising and sponsorshipstrategies at Indonesian football events to increase brand awareness and Shopeebrand image among male consumers. This thesis will discuss how muchinfluence Shopee's strategy has. The approach used is a quantitative approachwith 180 male respondents with a millennial age range of 20-34 years old. Theresults of this study indicate that each advertising message variable andsponsorship variable has a significant effect on brand awareness and brand imagevariables. These results are also expected to become a reference for furtherresearch and evaluation for these brand holders. |
T-Melati Oktaviana Lestyan Putri.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource (rdacarries) |
Deskripsi Fisik : | xvi, 77 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-22-02396045 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514866 |