:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Persepsi Mahasiswa Angkatan 2014 – 2017 Terhadap Pembelajaran Teknik Ekstraksi Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia = Students' Perceptions of Class 2014 - 2017 Toward Teaching of Dental Extraction Techniques Faculty of Dentistry

Muhammad Aggil Segara Alamsyah; Vera Julia, supervisor; Iwan Tofani, supervisor; Lilies Dwi Sulistyani, examiner; Dwi Ariawan, examiner (Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Latar belakang: Ekstraksi gigi merupakan tindakan yang sangat kompleks sehingga dibutuhkan banyak keterampilan dan pengetahuan khusus. Dan hal tersebut dipelajari dalam pendidikan kedokteran gigi. Indonesia memiliki 32 universitas baik negeri maupun swasta yang menyediakan program sarjana dan profesi kedokteran gigi, termasuk Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Salah satu modul utama dalam kurikulum pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia adalah pembelajaran teknik ekstraksi gigi. Dan saat ini belum diketahui gambaran persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran teknik ekstraksi gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif potong lintang pada 404 mahasiswa menggunakan kuesioner tentang persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran teknik ekstraksi yang pernah dipakai sebelumnya. Hasil: Setiap angkatan menunjukkan variasi penilaian yang berbeda terhadap pembelajaran teknik ekstraksi gigi. Mayoritas mahasiswa yang menggunakan model pelatihan praklinik menganggapnya sebagai persiapan yang berguna untuk tindakan ekstraksi gigi pada pasien. Sebagian besar mahasiswa merasa bahwa pengetahuan mereka tentang anatomi dan kesiapan mereka untuk menghadapi komplikasi saat ekstraksi terhitung kurang. Selain itu, mayoritas mahasiswa merasa telah dilatih dengan baik dan merasa puas dengan pelayanan pendidikan yang diberikan dalam pembelajaran teknik ekstraksi gigi. Kesimpulan: terdapat beberapa perbedaan persepsi antar angkatan 2014 – 2017 terhadap pembelajaran teknik ekstraksi gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia

Background: Tooth extraction is a very complex procedure that requires a lot of special skills and knowledge. This is taught in dentistry education. Indonesia has 32 public and private universities that provide undergraduate and professional dental programs, including the Faculty of Dentistry, University of Indonesia. One of the main modules in the education curriculum of the Faculty of Dentistry, University of Indonesia is learning tooth extraction techniques. And currently, there is no known description of student perceptions of learning tooth extraction techniques at the Faculty of Dentistry, University of Indonesia. Methods: This study used a cross-sectional descriptive study on 404 students using a questionnaire about student’s perceptions of learning extraction techniques that had been previously used. Results: Each batch students showed a different variation in the assessment of learning tooth extraction techniques. The majority of students who use the preclinical training model consider it a useful preparation for dental extraction in patients. Most of the students felt that their knowledge of anatomy and their readiness to deal with complications during extraction was lacking. In addition, the majority of students felt that they had been properly trained and were satisfied with the educational services provided in learning tooth extraction techniques. Conclusion: There are several differences in perceptions between 2014 - 2017 students batches of learning tooth extraction techniques at the Faculty of Dentistry, University of Indonesia

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Aggil Segara Alamsyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 67 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-55330392 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20515127