:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penerapan Program Mediated Learning Experience (MLE) dalam Meningkatkan Interaksi Pengasuh dengan Anak Usia 3-4 Tahun dalam Kegiatan Menggosok Gigi = Aplication of The Mediated Learning Experience (MLE) Program in Improving Caregiver Interaction with Children 3-4 Years Old in Teeth Brushing Activities

Hermito Gidion; Siahaan, Frieda Maryam Mangunsong, supervisor; Mita Aswanti Tjakrawiralaksana, supervisor; Sri Redatin Retno Pudjiati, examiner; Rose Mini Agoes Salim, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan interaksi pengasuh dengan anak dalam kegiatan menggosok gigi melalui program Mediated Learning Experience(MLE).Program Mediated Learning Experience(MLE) menitikberatkan pada pengalaman belajar melalui mediasi dan proses komunikasi secara aktif antara pengasuh dengan anak untuk membangun interaksi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental one grouppre-test dan post-testdesign. Jumlah partisipan pada penelitian ini sebanyak empatorang dengan kriteria penelitian adalah pengasuh anak yang memiliki anak asuh usia 3-4 tahun, tinggal di wilayah Jabodetabek. Interaksi pengasuh dengan anak diukur menggunakan analisis statistik non parametrik Wilcoxon Signed-Ranks Test. Perbandingan hasil pre-testmenunjukkan (M=1.50; SD=1.00) dan post-test(M=10.50; SD=10.00) Menunjukkan skor yang signifikan yaitu Z = -2.000, dan P-value (Asymp. Sig 2 Tailed)sebesar 0,046, nilai ini kurang dari angka batas kritis penelitian sebesar 0.05. Artinya terdapat peningkatan yang signifikanpada interaksi pengasuh anak dalam kegiatan menggosok gigi setelah diberikan intervensi dengan menggunakan program Mediated Learning Experience(MLE).

This study aims to increase interaction between caregiver with children in brushing their teeth through the Mediated Learning Experience (MLE) program. The Mediated Learning Experience (MLE) program which focuses on learning experiences through mediation and active communication processes between caregivers and children to build interactions. This study used a quasi-experimental method one group pre-test and post-test design, with fourpartisipants. The criterion of partisipants are caregivers having children aged 3-4 years old, and lives in Jabodetabek. Caregiver interaction with children were measured using the non-parametric statistical analysis test Wilcoxon Signed-Ranks Test. . The comparison of the results of the pre-test shows (M = 1.50; SD = 1.00) and the post-test (M = 10.50; SD = 10.00) shows a significant score, namely Z = -2,000, and the P-value (Asymp. Sig 2 Tailed) of 0.046, This score is less than critical research limit value of 0.05 It meansthat there is a significant increase in the caregiver’s interactions in brushing their teeth after being given the intervention using the Mediated Learning Experience (MLE) program.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Hermito Gidion .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 77 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-44708424 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20515141