:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kandungan Klorofil dan Struktur Komunitas Fitoplankton di Situ Agathis, Universitas Indonesia, Depok, pada Bulan Februari dan Agustus 2020 = Chlorophyll Content and Phytoplankton Community Structure in Situ Agathis, University of Indonesia, Depok, in February and August 2020

Qotrunnada Maulina; Wisnu Wardhana, supervisor; Andi Eko Maryanto, supervisor; Erwin Nurdin, examiner; Ratna Yuniati, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Fluktuasi kondisi fisik dan kimia pada bulan Februari dan Agustus 2020, berpengaruh terhadap struktur komunitas dan kandungan klorofil fitoplankton di Situ Agathis. Keberadaan fitoplankton yang sedikit di perairan akan berdampak negatif terhadap stabilitas ekosistem dan produktivitas organisme lain di perairan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kandungan klorofil dan struktur komunitas fitoplankton di Situ Agathis pada bulan Februari dan Agustus 2020, serta keterkaitan dengan parameter fisik dan kimia. Penelitian dilakukan pada bulan Februari untuk mewakili musim hujan dan Agustus untuk musim kemarau. Dilakukan pengukuran parameter fisik dan kimia, serta pengambilan sampel fitoplankton pada bagian inlet, midlet, dan outlet di Situ Agathis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kelimpahan fitoplankton secara signifikan di Situ Agathis pada bulan Februari dan Agustus 2020. Namun, tidak terdapat perbedaan keanekaragaman, kemerataan, dominansi, dan kandungan klorofil fitoplankton yang signifikan di Situ Agathis pada bulan Februari dan Agustus 2020.

Fluctuations in physical and chemical conditions in February and August 2020, affected the community structure and chlorophyll content of phytoplankton in Situ Agathis. Low phytoplankton presence has a negative impact on ecosystem stability and other organisms’ productivity in the water body. The study aims to determine whether there is a difference in chlorophyll content and community structure of phytoplankton in Situ Agathis, in February and August 2020, as well as the relationship with the physical and chemical parameters. The research was conducted in February to represent the wet season and August to represent the dry season. Physical and chemical parameters were measured, and phytoplankton was sampled at the inlet, middle, and outlet parts of Situ Agathis. The results showed that there was a significant difference in Situ Agathis’ phytoplankton abundance in February and August 2020. However, there was no significant difference in the diversity, evenness, dominance, and chlorophyll content of phytoplankton in Situ Agathis in February and August 2020.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Qotrunnada Maulina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 52 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-36056203 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20515315