Dalam hal mendukung konektivitas yang dibutuhkan, para pemimpinASEAN pada tahun 2010 telah menyepakati Master Plan for ASEAN Connectivity(MPAC), untuk menunjang konektivitas antar sesama anggota negara ASEAN,khususnya dalam penelitian ini adalah ASEAN-5. Dalam hal konektivitas tentunyainfrastruktur sangat dibutuhkan. Berbagai perusahan konstruksi dan perusahaaninfrastruktur transportasi terlibat dalam pembangunan infrastruktur. Dalampenelitian ini dianalisis pengaruh faktor-faktor terhadap struktur modal dari setiapperusahaan dilingkup negara ASEAN-5 yaitu di Indonesia, Malaysia, Singapura,Thailand dan Filipina yang menjadi objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitianini diketahui bahwa Profitability berpengaruh siginifikan pada Leverage di negaraIndonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Tangibility dan Liquidity tidakberpengaruh signifikan pada Leverage. Size berpengaruh signifikan pada Leveragedi negara Malaysia, Thailand dan Filipina. Net profit margin berpengaruh signifikanpada Leverage di negara Malaysia dan Filipina. Total asset turnover berpengaruhsignifikan pada Leverage di negara Indonesia. Sedangkan untukperusahaan-perusahaan konstruksi dan infrastruktur transportasi pada lingkupASEAN-5 secara umum, Leverage dipengaruhi signifikan oleh Profitability danTotal asset turnover. In order to support the need of connectivity, ASEAN leaders in 2010 agreedon a Master Plan for ASEAN Connectivity (MPAC), to support connectivitybetween fellow ASEAN members, especially ASEAN-5 in this research. In orderto support the connectivity, more infrastructures need to be provided. Constructioncompanies and infrastructure transportation companies were involved on providingthe infrastructure. In this study, several factors on the capital structure of eachcompany were analyzed in ASEAN-5 scope (Indonesia, Malaysia, Singapore,Thailand and Philippines). Based on the research result on construction companies and transportation infrastructure in ASEAN-5 countries, Profitability has a significant effect on Leverage in Indonesia, Malaysia, Singapore, and Philippines.Tangibility and Liquidity has no significant effect on Leverage. Size has asignificant effect on Leverage in Malaysia, Thailand and Philippines. Net profitmargin has a significant effect on Leverage in Malaysia and Philippines. Total assetturnover has a significant effect on leverage in Indonesia. While for the ASEAN-5scope in general, Leverage is significantly influenced by Profitability and TotalAsset Turnover. |