:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Membangun citra positif melalui kebaikan: Analisis aktivitas donasi fandom K-pop buddy dan insomnia = Building a positive image through kindness: Analysis donation activities of K-pop fandom buddy and insomnia

Rosenna Ernady Rabbani; Fadhila Hasby, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Studi ini meneliti aktivitas donasi fandom K-Pop dari grup perempuan asal Korea Selatan, GFRIEND dan Dreamcatcher, yang ada di Indonesia. Berdasarkan wawancara mendalam dengan penggemar, artikel ini membahas makna budaya donasi sebagai budaya partisipatoris bagi BUDDY dan InSomnia. Budaya donasi yang difokuskan adalah donasi atas nama idola. Penelitian ini berfokus pada konstruksi makna yang dibangun oleh kedua fandom melalui kegiatan berdonasi. Dalam tulisan ini budaya fandom merupakan budaya yang dimiliki oleh seseorang atau suatu kelompok untuk menunjukan kegemarannya sebagai sebuah dukungan terhadap suatu objek. Tulisan ini menganalisis kegiatan berdonasi atas nama idola sebagai bentuk budaya partisipatoris dengan objek penelitian fandom BUDDY dan fandom InSomnia Indonesia untuk memahami makna yang dikonstruksi melalui kegiatan berdonasi itu. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fandom BUDDY dan InSomnia memaknai donasi sebagai wadah bagi penggemar untuk membangun citra positif idola dan fandom. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam berdonasi untuk membangun citra positif idola bukan hanya karena faktor untuk mendorong popularitas saja, tetapi juga terdapat faktor moralitas di dalamnya.

This study examines the donation activities of K-Pop fandom from South Korean girl groups, GFRIEND and Dreamcatcher, in Indonesia. Based on in-depth interviews with fans, this article discusses the cultural meaning of donation as a participatory culture for BUDDY and InSomnia. The donation culture in this study focused on donating on behalf of idols. This study focuses on the meaning construction built by both fandoms through donating activities. In this study, fandom culture is a culture that is owned by a person or group to show their passion as a support for an object. This paper analyzes the activity of donating on behalf of idols as a form of participatory culture with the research object of the BUDDY fandom and the InSomnia Indonesia fandom to understand the meaning constructed through the donation activity. This study uses a qualitative approach with interview methods and descriptive analysis. The results of this study indicate that the BUDDY and InSomnia fandom interpret donations as a forum for fans to build a positive image of idols and fandoms. In this study, it was found that the donation activities to build a positive image of an idol is not only a factor to encourage popularity, but also a factor of morality in it.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Rosenna Ernady Rabbani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : iv, 26 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-76597810 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20515956