:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh latar belakang pendidikan direktur utama terhadap performa perusahaan terbuka di Indonesia periode 2012-2019 = The impact of CEO educational background on firm's performance among public firms in Indonesia during 2012-2019

Agnieska Rouly; Lubis, Arief Wibisono, supervisor; Maria Ulpah, examiner; Ida Ayu Agung Faradynawati, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh latar belakang pendidikan direktur utama terhadap performa perusahaan. Penelitian ini dilandasi oleh upper echelons theory dimana latar belakang pendidikan direktur utama diuji berdasarkan tiga kategori: pendidikan direktur utama di luar negeri (education abroad), pendidikan direktur utama di universitas bergengsi di Indonesia (top university), dan pendidikan direktur utama di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Total sampel yang digunakan sebanyak 217 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2019. Peneliti mengecualikan perusahaan finansial dan utilitas sebab adanya peraturan-peraturan khusus untuk kedua industri ini dan sifatnya yang berbeda dengan industri-industri lainnya. Data terkait latar belakang pendidikan direktur utama dikumpulkan secara manual dari laporan tahunan sedangkan data keuangan dikumpulkan dari Eikon. Regresi data panel dijalankan menggunakan metode fixed effect. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan direktur utama di universitas bergengsi di Indonesia secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap performa perusahaan. Di samping itu, penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh yang signifikan dari latar belakang pendidikan direktur utama di luar negeri (education abroad) maupun latar belakang pendidikan direktur utama di bidang STEM.

This study aims to examine the impact of the educational backgrounds of chief executive officer (CEO) on firms’ performances. This research is based on the upper echelons theory, in which the educational backgrounds of CEOs are tested based upon three categories: the CEO's educational background abroad, the CEO's educational experience at a prestigious university in Indonesia (top university), and the CEO educational experience in the STEM fields (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). The total sample consists of 217 companies which are listed on the Indonesia Stock Exchange from 2012-2019. Financial and utility companies are excluded from this research because of special regulations for these two industries. Data related to CEO educational backgrounds were hand-collected from annual reports while financial data were collected from Eikon. Panel data regression was performed using the fixed effect method to test out the hypotheses. The findings of this study indicate that the CEO's educational experience at top universities in Indonesia significantly influences the company's performance. In addition, this study does not find any significant effect of the CEO's educational background abroad and the CEO's educational backgrounds in the STEM field.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Agnieska Rouly .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 67 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-78716648 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20516061