:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Rutinitas Produksi Berita di Tengah Tren Otomatisasi dan Implikasinya di Ruang Redaksi (Studi Kasus Produksi Berita Pertandingan Sepak Bola dan Pergerakan Saham di Lokadata.id dan Bisnis.com) = News Production Routines in the Mids of Automation Trends and Its Implications in Newsroom (Case Study of News Production of Football Match and Stock Movements at Lokadata.id and Bisnis.com)

Sri Oktika Amran; Nina Mutmainnah, supervisor; Nainggolan, Juli Bestian, examiner; Ade Armando, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini menjelaskan rutinitas produksi berita di tengah tren otomatisasi dan implikasinya di ruang redaksi. Untuk melihat implikasi otomatisasi, penelitian ini membandingkan produksi berita pertandingan sepak bola dan pergerakan saham di Lokadata.id yang menggunakan sistem otomatisasi dan Bisnis.com yang tidak menggunakan otomatisasi. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Unit analisis penelitian ialah unit organisasi. Hasil penelitian menunjukkan Lokadata.id dan Bisnis.com memiliki rutinitas produksi berita yang berbeda sebagai adaptasi organisasi atas respons perubahan industri media di tengah tren otomatisasi. Implikasi efisiensi dari otomatisasi menunjukkan bahwa tidak terjadi substitusi sumber daya manusia di redaksi karena peran redaksi masih dibutuhkan pada praproduksi, pascaproduksi, dan penarikan data wawancara; pemilihan sumber berita pada set data statistik di otomatisasi menghasilkan berita yang tidak lengkap dibandingkan media yang tidak menggunakan sistem otomatisasi; dan kecepatan produksi berita lebih ringkas pada media yang tidak menggunakan sistem otomatisasi.

This research explains that the routines of news production amidst the trend of automation and its implications in the newsroom. Thus, this research compares the production of football match news and stock movements at Lokadata.id which uses an automation system and Bisnis.com which does not use automation. This research uses qualitative approach. The research analysis unit is an organizational unit. The result show that Lokadata.id and Bisnis.com have different news production routines as an adaptation strategy of the organization in response to the changing media industry amidst the trend of automation. The efficiency implications of automation shows that there are no substitution of human resources in the editorial teams, because the editorial role is still needed in pre-production, post-producation, and interview data collection; selection of news sources in statistical data sets in automation results in incomplete news compared to media that do not use automation; and the speed of news production is more concise in media that do not use automation.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Sri Oktika amran.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xv, 367 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas : 2020
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-34552085 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20516063