Peran dari customer brand engagement terhadap brand loyalty dalam penggunaan virtual hotel operator = The Role of customer brand engagement on brand loyalty in the usage of virtual hotel operator
Situmorang, Susanto Berlin Manarua;
Aruan, Daniel Tumpal Hamonangan, supervisor; Sri Rahayu Hijrah Hati, examiner; Yeshika Alversia, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021)
|
Virtual hotel operator merupakan salah satu tren yang sedang berkembang diIndonesia selama beberapa tahun terakhir. Dua penyebab utamanya adalah semakin maraknya “budget travelling” dan adanya insentif dari pemerintah pusat untuk mempromosikan industri pariwisata. Namun, kajian yang membahas mengenai virtualhotel operator sendiri masih jarang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmenjelaskan hubungan antara customer brand engagement dengan attitudinal loyalty danbehavioral loyalty dari pelanggan dalam penggunaan virtual hotel operator di Indonesia.Penelitian ini diuji secara empiris dengan menggunakan PLS-SEM dengan sampelsebanyak 133 responden yang menggunakan hotel yang dioperasikan oleh virtual hoteloperator di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sensory experienceberpengaruh positif terhadap customer brand engagement dengan merek virtual hoteloperator. Selanjutnya, affectice experience secara positif mempengaruhi affective danbehavioral engagement, sedangkan intellectual experience secara positif mempengaruhicognitive dan affective engagement. Demikian pula, customer brand engagementditemukan efektif dalam meningkatkan loyalitas, setidaknya pada tingkat attitudinal.Selain itu, attitudinal loyalty berpengaruh positif terhadap behavioral loyalty pada virtualhotel operator. Temuan dari studi ini dapat memberikan panduan kepada akademisi danmanajer untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan terhadap merek virtualhotel operator. Virtual hotel operators have a growing trend in Indonesia during recent years.Two of its main causes is the rise of “budget travelling” and the incentive by the centralgovernment to promote tourism industry. Unfortunately, the study of virtual hoteloperator itself is still uncommon. The purpose of this study is to explain relationshipbetween the customer brand engagement with attitudinal loyalty and behavioral loyaltyfrom customers in the usage of virtual hotel operators in Indonesia. This research wastested empirically by using PLS-SEM with a sample of 133 respondents, who used hotelsoperated by virtual hotel operators in Indonesia. The results of this study indicate thatsensory experience positively influences customer brand engagement with the virtualhotel operator brand. Furthermore, affective experience positively affects affective andbehavioral engagements, whereas intellectual experience positively influences cognitiveand affective engagement. Likewise, customer brand engagement can be effective in increasing loyalty, at least on attitudinal level. In addition, attitudinal loyalty positively influences behavioral loyalty on virtual hotel operator. The findings of this study can provide academicians and managers a guide to improve customer engagement and loyaltytoward a virtual hotel operator’s brand. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource (rdacarries) |
Deskripsi Fisik : | xiv, 83 pages: illustration; appendix |
Naskah Ringkas : | 2021 |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-22-32509311 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20516212 |