:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran dari customer brand engagement terhadap brand loyalty dalam penggunaan virtual hotel operator = The Role of customer brand engagement on brand loyalty in the usage of virtual hotel operator

Situmorang, Susanto Berlin Manarua; Aruan, Daniel Tumpal Hamonangan, supervisor; Sri Rahayu Hijrah Hati, examiner; Yeshika Alversia, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Virtual hotel operator merupakan salah satu tren yang sedang berkembang di
Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Dua penyebab utamanya adalah semakin maraknya “budget travelling” dan adanya insentif dari pemerintah pusat untuk mempromosikan industri pariwisata. Namun, kajian yang membahas mengenai virtual
hotel operator sendiri masih jarang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menjelaskan hubungan antara customer brand engagement dengan attitudinal loyalty dan
behavioral loyalty dari pelanggan dalam penggunaan virtual hotel operator di Indonesia.
Penelitian ini diuji secara empiris dengan menggunakan PLS-SEM dengan sampel
sebanyak 133 responden yang menggunakan hotel yang dioperasikan oleh virtual hotel
operator di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sensory experience
berpengaruh positif terhadap customer brand engagement dengan merek virtual hotel
operator. Selanjutnya, affectice experience secara positif mempengaruhi affective dan
behavioral engagement, sedangkan intellectual experience secara positif mempengaruhi
cognitive dan affective engagement. Demikian pula, customer brand engagement
ditemukan efektif dalam meningkatkan loyalitas, setidaknya pada tingkat attitudinal.
Selain itu, attitudinal loyalty berpengaruh positif terhadap behavioral loyalty pada virtual
hotel operator. Temuan dari studi ini dapat memberikan panduan kepada akademisi dan
manajer untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan terhadap merek virtual
hotel operator.

Virtual hotel operators have a growing trend in Indonesia during recent years.
Two of its main causes is the rise of “budget travelling” and the incentive by the central
government to promote tourism industry. Unfortunately, the study of virtual hotel
operator itself is still uncommon. The purpose of this study is to explain relationship
between the customer brand engagement with attitudinal loyalty and behavioral loyalty
from customers in the usage of virtual hotel operators in Indonesia. This research was
tested empirically by using PLS-SEM with a sample of 133 respondents, who used hotels
operated by virtual hotel operators in Indonesia. The results of this study indicate that
sensory experience positively influences customer brand engagement with the virtual
hotel operator brand. Furthermore, affective experience positively affects affective and
behavioral engagements, whereas intellectual experience positively influences cognitive
and affective engagement. Likewise, customer brand engagement can be effective in increasing loyalty, at least on attitudinal level. In addition, attitudinal loyalty positively influences behavioral loyalty on virtual hotel operator. The findings of this study can provide academicians and managers a guide to improve customer engagement and loyalty
toward a virtual hotel operator’s brand.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Situmorang, Susanto Berlin Manarua.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xiv, 83 pages: illustration; appendix
Naskah Ringkas : 2021
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-32509311 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20516212