Analisis management Ccl pada perusahaan restoran cepat saji: Studi kasus pada PT XYZ = Analysis of Management Control System based on four levers of control on fast food restaurant company: Case Study on PT XYZ
Tamara Saraswati;
Ancella Anitawati Hermawan, supervisor; Lindawati Gani, examiner; Thomas Honggo Secokusumo, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)
|
PT XYZ adalah salah satu pemain di industri restoran fast-food yang memasuki pasar Indonesia sejak awal tahun 2012 dan menawarkan produk yang unik yaitu makanan Korea yang dibungkus dalam konsep cepat saji. Meskipun memilikiproduk yang unik, laporan penjualan PT XYZ tidak menunjukkan keunggulan dariproduk unik tersebut, bahkan PT XYZ mencatatkan kerugian selama 5 tahunberturut-turut sejak 2014 sampai sekarang. Dengan produk yang unik dan kondisipasar yang mendukung, seharusnya PT XYZ tidak mengalami masalahprofitabilitas, sehingga perlu diteliti lebih dalam lagi apa yang menyebabkan PTXYZ mengalami masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisismanagement control system yang diaplikasikan oleh PT XYZ dengan menggunakanpendekatan four levers of control, yaitu belief system, boundary system, diagnosticsystem dan interactive control system. Penelitian dilakukan dengan metode studikasus dan menggunakan wawancara serta kuisioner untuk mendapatkan data daninformasi yang diperlukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT XYZsudah memiliki management control system namun penerapannya masih sangattidak efektif dalam analisis menggunakan metode four levers of control. Penerapanyang tidak efektif inilah yang membuat PT XYZ kesulitan mengatasi masalahprofitabilitas mereka, sehingga terjadi secara menahun. PT XYZ is one of the pioneers in Korean fast-food restaurant which entered theIndonesian market since the beginning of 2012 that offers a unique taste of Koreanwrapped in the concept of fast food, which is an advantage for the Company. Yet,PT XYZ financial report recorded loss for five consecutive years since 2014. Withits unique products and supportive market conditions, PT XYZ should notexperience profitability issues. This study aims to analyze the management controlsystem applied by PT XYZ using the four levers of control approach, namely beliefsystems, boundary systems, diagnostic systems, and interactive control systems.The study was conducted using the case study method and using interviews, focusgroup discussions, and questionnaires to obtain the data and information needed.The results of this study indicate the problems that occur to PT XYZ are mainlycaused by the inadequacy of the management control system's application inanalysis using the four levers of control approach. The Company nearly does notapply interactive control systems and has a very weak diagnostic system. These twoproblems make it hard to compare and measure the actual performance of the firm,which will impact the strategy determination and target settlement. |
T-Tamara Saraswati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource (rdacarries) |
Deskripsi Fisik : | xiii, 84 pages ; illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | 2021 |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-22-06193808 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20516360 |