:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perilaku pengendara terhadap rambu batas kecepatan = Driver’s behavior against speed limit sign

Dani Marga Eka; Andyka Kusuma, supervisor; Tri Tjahjono, supervisor; R. Jachrizal Sumabrata, examiner; Nahry, examiner; Siregar, Aswin Azhar, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas akibat pelanggaran lalu lintas menjadi permasalahan krusial khususnya karena pelanggaran rambu batas kecepatan. Pemasangan rambu batas kecepatan akan mempengaruhi Perilaku pengendara dalam menentukan kecepatan berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh rambu batas kecepatan terhadap pengendara dalam mempertahankan batas kecepatan maksimum serta membandingkan Perilaku pengendara sebelum melewati rambu dan setelah melewati rambu batas kecepatan pada kendaraan roda empat. Data kecepatan yang diteliti pada penelitian ini mengambil rute perjalanan dari tol Jombang sampai Krian dengan menggunakan GPS Garmin, kemudian diolah dengan R programer untuk menentukan besaran nilai akselerasi terhadap pengaruh variable usia, gender, jarak rambu dan selisih batas kecepatannya dengan fungsi model likelihood function. Hasil penelitian menunjukan bahwa rambu batas kecepatan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap akselerasi pengendara dan setiap pengendara memiliki Perilaku yang berbeda beda terhadap masing masing variable penelitian. Mayoritas pengendara tidak mempedulikan rambu batas kecepatan, tetapi lebih mementingkan cepat sampai tujuan dari pada keselamatan pengemudi dengan dominasi kecepatan kendaraan berkisar antara 60-80 km/jam. Dalam penelitian ini juga menghitung prosentase Perilaku pengendara yang ditimbulkan apabila pengemudi melebihi batas yang sudah ditentukan maupun kurang dari batas yang ditentukan. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa masih banyak pengemudi yang berkendara melebihi batas kecepatan yang sudah ditentukan meskipun sudah dipasang rambu batas kecepatan dan tidak dipasang rambu batas kecepatan. Diharapkan dalam penelitian ini sebagai bahan kajian guna menekan fatalitas kecelakaan akibat pelanggaran batas kecepatan di jalan bebas hambatan dengan penentuan lokasi pemasangan rambu batas kecepatan yang tepat di daerah yang rawan kecelakaan.

The high number of traffic accidents due to traffic violations is a crucial problem, especially violations of speed limit signs. Installation of speed limit signs will affect the driver's Behavior in determining driving speed. This study aims to analyze the effect of speed limit signs in maintaining the maximum speed limit and to compare the driver's Behaviors before passing the signs and after passing the speed limit signs on four-wheeled vehicles. The speed data in this study obtained from a travel route from the Jombang to Krian toll road using Garmin GPS, then processed with R programmer to determine the magnitude of the acceleration value on the influence of the variable age, gender, signpost distance and the difference in speed limits with the likelihood function model. The results showed that the speed limit signs had a very large effect on the acceleration of the driver and each driver had different Behaviors of each research variable. The majority of drivers do not pay attention to speed limit signs, but are more concerned with getting to the destination quickly than driver safety with the dominance of vehicle speeds ranging from 80-100 km / hour. In this study also calculates the percentage of the driver's Behavior that is generated when the driver exceeds the predetermined limit or is less than the specified limit. The conclusion in this study that there are still many drivers who drive over the predetermined speed limit even though the speed limit signs have been installed and the speed limit signs are not installed. It is hoped that in this study as a study material to reduce accident fatality due to violation of the speed limit on the freeway by determining the appropriate location for installing speed limit signs in accident-prone areas.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Dani Marga Eka.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 71 pages : illustrations
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-76635629 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20516471