:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pencarian identitas: studi mengenai fitur archive dalam melihat presentasi diri dewasa muda di Instagram = Finding identity: a study of Instagram’s archive feature in seeing young adults’ self-presentation

Badria Agustina Putri; Aryo Danusiri, supervisor; Ezra Mahresi Choesin, examiner; Hestu Prahara, examiner; Imam Ardhianto, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pada umumnya dewasa muda kini yang menjadi pengguna media sosial Instagram kerap menggunakan fitur archive untuk membantu mereka dalam menyembunyikan atau menghilangkan sementara foto-foto pada profil pribadi mereka yang dianggap tidak sesuai dengan identitas yang ingin ditampilkan. Berangkat dari pengamatan terhadap teman-teman saya yang mulai menghilangkan foto-foto di platform ini, saya berfokus pada presentasi diri dewasa muda di Instagram sebagai salah satu media kontestasi visual paling diminati saat ini. Dalam penelitian ini saya menggunakan pendekatan etnografi melalui wawancara mendalam dan observasi partisipasi baik secara langsung maupun online. Berdasarkan temuan lapangan saya, dewasa muda mengalami kesulitan dalam menentukan identitas yang sesuai dengan mereka di dunia nyata dan juga dapat diterima oleh orang-orang di sekitar mereka. Fitur archive menjadi cara bagi dewasa muda untuk memodifikasi presentasi diri secara ideal dan menjadi ruang untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka. Proses ini menunjukkan bagaimana dewasa muda senantiasa mengalami perubahan dalam pemahaman diri mereka yang melibatkan interaksi dengan pengikut, pengalamannya sebagai pengguna, dan perkembangan teknologi yang ada.

In general, today's young adults who are users of the social media Instagram often use the archive feature to assist them in hiding or temporarily removing photos on their profiles that are considered inappropriate for the identity they want to display. Starting from observing my friends who also started to hide pictures on the platform, I focused on the self-presentation of young adults on Instagram as one of today's most favored visual media contests. In this study, I used an ethnographic approach through in-depth interviews and participatory observations both in-person and online. Based on my findings, young adults have difficulty in determining an identity that fits them in the real world and one that is also acceptable to those around them. Further, the archive feature is a way for young adults to modify their self-presentation and become a space to meet their emotional needs. This process shows how young adults experience constant changes in their self-understanding which involve interactions with followers, experiences as users, and developments in existing technologies.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Badria Agustina Putri .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 118 pages: illustration; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-49909330 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517045