Hubungan tingkat stres dengan tingkat kepuasan perubahan proses pembelajaran secara daring pada mahasiswa di masa covid-19 = The relationship between stress level and satisfaction level of online learning process change in students in the covid-19 period.
Apridina Syahira;
Mustikasari, supervisor; Ice Yulia Wardani, examiner; Panjaitan, Ria Utami, examiner
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021)
|
Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini menimbulkan berbagai macam dampak bagi masyarakat. Pada bidang pendidikan, dampak yang ditimbulkan adalah adanya perubahan pada proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat stres dengan tingkat kepuasan perubahan proses pembelajaran secara daring pada mahasiswa di masa COVID-19. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode cross sectional. Kriteria inklusi yaitu mahasiswa aktif SI Reguler FIK UI angkatan 2017, 2018, 2019 dan 2020 dan bersedia menjadi responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, sebanyak 218 mahasiswa. Kuesionermenggunakan Student Stress Iventory untuk mengukur tingkat stres, dan kuesioner tingkat kepuasan pada pembelajaran daring yang dianalisis dengan uji chi-square. Hasil terdapat hubungan antara tingkat stres dengan tingkat kepuasan perubahan proses pembelajaran secara daring pada mahasiswa di masa COVID-19 (p = 0,030). Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi berbagai pihak terkait pembelajaran secara daring. The current COVID-19 pandemic has had various impacts on society. In the field of education, the impact is a change in the online learning process. The purpose of this study was to determine the level of stress with the level of satisfaction with changes in the online learning process in students during the COVID-19 period. Quantitative research design with cross sectional method approach. Inclusion criteria are active undergraduate student of FIK UI Regular class 2017, 2018, 2019 and 2020 and are willing to be respondents. The sampling technique used proportional random sampling technique, as many as 218 students. The questionnaire used the Student Stress Inventory to measure stress levels, and the satisfaction level questionnaire in online learning was analyzed by chi-square test. The results showed that there was a relationship between stress levels and the level of satisfaction with changes in the online learning process for students during the COVID-19 period (p = 0.030). This research can be used as evaluation material for various parties related to online learning. |
S-Apridina Syahira.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 75 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia. |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-pdf | 14-22-82382614 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517119 |