:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Iklim Komunikasi Organisasi Pada Era Pandemi Covid-19 Di Perpustakaan Umum Kabupaten Cirebon = The Organizational Communication Climate During The Covid-19 Pandemic at Cirebon Regency Public Library

Auvia Yufial Muna; Laksmi, supervisor; Luki Wijayanti; Tamara Adriani Salim, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini membahas iklim komunikasi organisasi pada masa pandemic COVID-19 di
Perpustakaan Umum Kab Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui iklim
komunikasi yang ditinjau berdasarkan lima dimensi iklim komunikasi dan alur komunikasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan
data dilakukan pada Maret 2021 hingga Mei 2021 dengan metode observasi, wawancara
mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim komunikasi
organisasi pada masa pandemic COVID-19 di perpustakaan sangat didukung oleh keterbukaan
dan keterusterangan (tidak ada yang ditutup-tutupi antar pegawai, semua berlangsung secara
transparan dan terbuka), dukungan (pimpinan selalu mengajak diskusi bawahannya untuk
mengevaluasi atau sekadar bertanya progress hingga kendala di lapangan), partisipasi dalam
pembuatan keputusan (melibatkan semua pihak terutama yang menyangkut program kerja di
lapangan). Hanya saja kurang didukung oleh kepercayaan (masih ada beban pekerjaan
diberikan pada orang tertentu yang lebih dipercaya oleh pimpinan) dan tujuan kinerja tinggi
(semua anggota mengupayakan tercapainya tujuan kinerja, hanya saja belum adanya poster
tercetak di gedung perpustakaan untuk sekadar pengingat dan memotivasi pegawainya). Hasil
penelitian ini juga menunjukkan perubahan praktik kerja di masa pandemi tidak mengubah cara penyampaian pesan dalam komunikasi organisasi di perpustakaan, semua pegawai yang bekerja dari rumah akan dipanggil ke kantor jika diperlukan membahas pekerjaan/berdiskusi.

This research discussed organizational communication climate during the COVID-19 period
of Cirebon Regency Public Library. The purpose of this research was to understand the
communication climate of the library based on five dimensions of communication climate by
Redding and also communication flow. This research uses a qualitative approach with a case
study method. Data was collected from March 2021 until May 2021 by observation, in-depth
interviews, and document analysis. The results indicated that the organizational
communication climate during the COVID-19 pandemic in the Cirebon Regency Public Library
is strongly supported by openness and sincerity (nothing is hidden between employees,
everything happens transparently and openly), supportiveness (the leader always invite his
subordinates to discuss the evaluation or simply ask about progress and obstacles in their
work), and participation in decision making (it always involve all parties, especially the
technical issues involved in field work program). However, the library’s communicational
climate is less supported by trust from leader (there is still a workload given to certain people who are more trusted by the leader) and high performance goals (all members strive to achieve

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Auvia Yufial Muna .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 27 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-29416614 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517214