:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Representasi Pribumi Pada Poster Pasar Gambir Tahun 1926: Analisis Semiotika = Indigenous Representation in Pasar Gambir Poster 1926: Semiotic Analysis

Aulia Anisyafira; Fajar Muhammad Nugraha, supervisor; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, examiner; Triaswarin Sutanarihesti, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini membahas representasi pribumi yang dijadikan sebagai figur utama pada poster-poster Pasar Gambir 1926. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan representasi pribumi yang ditampilkan pada poster Pasar Gambir tahun 1926. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Poster-poster yang dianalisis adalah poster utama dan juga empat poster terbaik dari kompetisi poster Pasar Gambir 1926. Analisis dilakukan mulai dari makna denotasi, makna konotasi, hingga didapatkan mitos dari setiap poster. Hasil dari penelitian ini adalah pribumi direpresentasikan sebagai golongan yang ikut berperan dalam mengisi dan meramaikan acara Pasar Gambir. Pribumi juga direpresentasikan sebagai golongan yang ikut berperan dalam perkembangan perekonomian Hindia Belanda pada awal abad ke-20 melalui kerajinan lokal yang dihasilkan.

This study discusses the representation of indigenous that were used as the main figure depicted in Pasar Gambir 1926 poster. The purpose of this study is to describe the indigenous representation in Pasar Gambir 1926 poster. This study uses theory of semiotics by Roland Barthes . The posters that are analyzed are the main poster and the four best posters from the Pasar Gambir 1926 poster competition. The analysis starts from the denotative meaning, connotative meaning, and the myths that exists from every poster. The result shows that the indigenous are represented as a group that played a role in Pasar Gambir. The indigenous are also represented as a group that played a role in the economic development of the Dutch East Indies in the early 20 centuries through local handicrafts.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Aulia Anisyafira .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 30 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-14532662 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517351