:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Aplikasi Model Konservasi Levine dalam Support Nutrisi pada Anak yang Menjalani Kemoterapi = Levine Conservation Model Application in Nutritional Support in Children undergoing Chemotherapy

Deni Lusiana; Allenidekania, supervisor; Zesi Aprillia, supervisor; Murti Andriastuti, examiner; Nurhidayatun, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Support nutrisi dan supportive care dalam pemberian cryotherapi dengan honey ice merupakan bagian dari asuhan keperawatan untuk menjaga kelangsungan hidup dan meningkatkan kualitas hidup anak dengan kanker yang menjalani kemoterapi. Tujuan dalam penulisan karya ilmiah ini untuk memberikan gambaran support nutrisi dalam asuhan keperawatan dengan pendekatan teori Konservasi Levine. Terdapat lima kasus anak dengan kanker yang menjalani kemoterapi dan diberikan asuhan keperawatan melalui pendekatan teori Levine. Kegiatan proyek inovasi intervensi pemberian cryotherapi dengan honey ice efektif dalam pencegahan mukositis oral pada 15 anak yang menjalani kemoterapi. Pemberian cryotherapi dengan honey ice sangat mudah dilakukan, mudah didapat dan tidak mahal. Aplikasi teori Levine juga efektif digunakan untuk support nurisi pada anak dengan kanker yang mencakup prinsip konservasi energi, integritas sosial, integritas personal dan integritas sosial. Apikasi teori Levine dan intervensi cryotherapy dengan honey ice dapat diterapkan dalam memberikan asuhan keperawatan pada anak kanker yang menjalani kemoterapi. Diharapkan dapat diintegrasikan dan dikembangkan dalam memberikan asuhan keperawatan yang holistik pada anak yang menjalani kemoterapi.

Nutritional support and supportive caregiving cryotherapy with honey ice is part of nursing care to maintain survival and improve the quality of life of children with cancer undergoing chemotherapy. The purpose of writing this scientific paper is to provide an overview of nutritional support in nursing care with Levine's Conservation theory approach. There were five cases of children with cancer who underwent chemotherapy and were given nursing care through Levine's theoretical approach. The innovative intervention project activity for administering cryotherapy with honey ice is effective in the prevention of oral mucositis in 15 children undergoing chemotherapy. Giving cryotherapy with honey ice is very easy to do, easy to get, and inexpensive. The application of Levine's theory is also effectively used to support nutrition in children with cancer which includes the principles of energy conservation, social integrity, personal integrity, and social integrity. Levine's theory application and cryotherapy intervention with honey ice can be applied in providing nursing care to cancer children undergoing chemotherapy. It is hoped that it can be integrated and developed in providing holistic nursing care for children undergoing chemotherapy.

 File Digital: 1

Shelf
 SP-Deni Lusiana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : SP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 68 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-pdf 16-22-66342767 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517430