:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Uji efek antimikroba beberapa jamu obat sakit tenggorokan terhadap bakteri Streptococcus B hemolyticus Standar Strain WHO, Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853 dan Jamur Candida albicans

Listyarini T.; Asmanizar, supervisor; Atiek Soemiati, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1994)

 Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang efek antibakteri dan antijamur dari jamu obat sakit tenggorokan terhadap bakteri Streptococcus 13 hernolyticus Standar Strain WHO, Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853 dan jamur Candida albicans. Bahan uji yang digunakan adalah 3 merk jamu obat sakit tenggorokan yang beredar di Jakarta. Metode pengujian daya antimikroba yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode difusi dengan menggunakan silinder dan metode pengenceran serial menggunakan tabung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga merk obat tradisional tenggorokan yang diuji mempunyai daya antibakteri terhadap Streptococcus 13 hemolylicus Standar Strain WHO dan daya antijamur terhadap Candida albicans. Daya antibakteri terhadap Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853 hanya ditunjukkan oleh 2 merk obat tradisional tenggorokan. Dilihat dari hasil pengukuran zona hambatan dan KHM, obat tenggorokan mi mempunyai daya antimikroba yang besar terhadap Streptococcus 13 hernolyticus dan Candida albicans, sedangkan terhadap Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853 menunjukkan daya antibakteri yang lebih kecil.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Listyarini T.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S70326
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1994
Program Studi :
Bahasa : Ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 49 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S70326 14-22-88469521 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517654