:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan untuk Berth Occupancy Ratio (BOR) dan Yard Occupancy Ratio (YOR) Pada Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban. = Port Operational Service Performance Analysis for Berth Occupancy Ratio (BOR) and Yard Occupancy Ratio (YOR) at Patimban Port Vehicle Terminal.

Rifqi Muhammad Farid; Achmad Riadi, supervisor; Sunaryo, examiner; Kurniawan Teguh Waskito, examiner; Gerry Liston Putra, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Pelabuhan Patimban merupakan pelabuhan baru dan pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok yang dibangun untuk mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan dan menghubungkan berbagai wilayah produktif di Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, dan sekitarnya. Terminal kendaraan pelabuhan patimban di prediksi akan menjadi backup pelabuhan tanjung priok. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk menilai performa pelabuhan patimban (BOR dan YOR) khususnya terminal kendaraan untuk kondisi saat ini dan juga untuk melihat perfoma pada akhir tahun 2029. penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai kinerja pelayanan Berth Occupancy Ratio dan Yard Occupancy Ratio pada terminal kendaraan pelabuhan patimban, Menghitung nilai kinerja pelayanan Berth Occupancy Ratio dan Yard Occupancy Ratio.melakukan forecast ekspor dan impor pada terminal kendaraan pelabuhan patimban. Data ekspor dan impor kendaraan didapat dari GAIKINDO. metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan microsoft excel dan software statgraphics. metode forecast yang digunakan ialah seasonal forecast with linear trend. Dari Pengolahan data tersebut akan mendapatkan indikator kinerja pelayanan pelabuhan tahun ini dan tahun yang akan mendatang. Hasil tersebut akan dilakukan analisis berupa kesesuaian performa indikator yang didapat dengan standar indikator kinerja pelayanan pelabuhan yang telah ditetapkan oleh kementrian perhubungan Indonesia. Hasil analisis tersebut akan digunakan untuk mendapatkan strategi pengembangan pelabuhan patimban. Berdasarkan standar kinerja operasional pelabuhan, nilai persentase Berth Occupanncy Ratio dikategorikan ideal karna masih berada dibawah 70%, berdasarkan polaritas standar kinerja operasional pelabuhan, dapat dinyatakan nilai persentase Yard Occupancy Ratio terminal kendaraan pelabuhan patimban ternilai kurang baik tetapi masih memenuhi kriteria ideal kinerja pelabuhan karena tidak melebihi 80%.

Patimban Port is a new port and the second largest port after Tanjung Priok Port which was built to reduce logistics costs by bringing the production center closer to the port and connecting various productive areas in Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, and surrounding areas. The Patimban port vehicle terminal is predicted to become a backup for Tanjung Priok port. Therefore, research is needed to assess the performance of the Patimban port (BOR and YOR), especially the vehicle terminal for current conditions and also to see its performance at the end of 2029. This study aims to calculate service performance value Berth Occupancy Ratio and Yard Occupancy Ratio at the Patimban port vehicle terminal. Calculating the service performance value of Berth Occupancy Ratio and Yard Occupancy Ratio. forecasting exports and imports at the Patimban port vehicle terminal. Data on export and import of vehicles is obtained from GAIKINDO. Data processing methods are carried out using Microsoft Excel and statistical software. Forecast method used is seasonal forecast with linear trend. From the data processing, port service performance indicators will be obtained this year and the year to come. The results will be analyzed in the form of conformity of the performance indicators obtained with the standard port service performance indicators that have been set by the Indonesian Ministry of Transportation. The results of the analysis will be used to obtain a strategy for developing the Patimban Port. Based on the standard of port operational performance, the percentage value of the Berth Occupancy Ratio is categorized as ideal because it is still below 70%. considered less good but still meets the ideal criteria for port performance because it does not exceed 80%.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rifqi Muhammad Farid.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 45 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-36642914 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20518663