Perencanaan program pemasaran digital untuk peningkatan brand awarenes usaha opatan copee = digital marketing program planning to increase brand awareness of copee's opatan business
Cesar Rizquino Raharjo;
Snezana Swasti Brodjonegoro, supervisor; Wahyuni Pudjiastuti, examiner; Wisnhu Triwibowo, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)
|
Profil Usaha Opatan Coffee adalah sebuah kedai kopi yang didirikan pada bulan 29 Agustus 2015 yang berlokasi di Jalan Seremped Wetan, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor dengan jam operasional setiap hari mulai pukul 16.00 sampai 00.00 WIB. Kedai kopi ini menjual kopi dan memiliki spesialisasi di bidang manual brewing.Analisis Situasi StrengthMemiliki figur “Babeh” yang dikenal oleh penikmat kopi di Kota BogorService Quality yang sudah diakui pelangganMemiliki koneksi dengan komunitas penikmat kopi Kota BogorMemiliki spesialisasi dalam manual brewing & single origin coffeeWeaknessBrand Awareness yang minimMinimnya sumber daya manusia (Operasional dan Pemasaran)Budget yang terbatas untuk ekspansi dan pemasaranTempat yang tidak terlalu instagramablePenyajian menu yang tidak spesialTidak memiliki perencanaan publikasi dan pemasaranOpportunityOnline-shopping (GoFood, Grab, Shoppe Food)Memiliki banyak pelanggan loyalLokasi yang dekat dengan perumahanJam Operasional hingga larut malamIndustri kopi yang sangat berkembangHarga yang murahThreatPandemi COVID-19 dan kebijakan PPKMBanyaknya kios brand besar produk kopi/minuman di sekitar lokasi (Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Es Teh)Banyaknya kedai kopi baru dengan keunggulan konsep tempatLokasi yang tertutup dari jalan besarPernyataan Masalah Brand awareness target pasar mengenai Opatan Coffee masih rendah karena minimnya publikasi dan program pemasaran yang dilakukan oleh Opatan Coffee.Tidak adanya perencanaan program pemasaran yang dilakukan oleh Opatan CoffeeUsulan Program Program “Berbagi Rasa” dari Opatan Coffee dengan pesan kunci “Finding the Real Coffee Taste” yang sesuai dengan motto Opatan Coffee yang terdiri dari:Opatan In Your AreaIlmuHITAM#KataGue (Influencers Endorsement)Tujuan Meningkatkan brand awareness target pasar terhadap Opatan CoffeeTarget Khalayak DemografisLaki-laki & PerempuanUsia 17-35 tahunPelajar, Mahasiswa, dan PekerjaSES B-CGeografisBerdomisili di Kota Bogor dan sekitarnya (Jabodetabek)BehaviourMemiliki kebiasaan nongkrongMemiliki kebiasaan minum kopi (kafein)Menggunakan media sosial untuk mencari informasiSuka untuk mencoba tempat baru untuk nongkrongMemiliki kelompok pertemanan dengan kebiasaan dan minat yang samaPsikografisSuka bercengkrama dengan orang lainMemiliki ketertarikan tentang kopi dan penyajiannyaMemiliki kecenderungan mencari barang berkualitas dengan harga terjangkauMenyukai tempat dengan konsep yang sederhanaTidak melihat sebuah tempat dari prestise-nyaTidak terlalu menyukai tempat yang ramai dan berisikJadwal September - Desember 2022Anggaran Rp. 14.800.000Monitoring & Evaluasi InputMonitoring & Evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan setiap kegiatanOutputMonitoring & Evaluasi terhadap Key Performance Indicator setiap kegiatanOutcomeMonitoring & Evaluasi terhadap hasil dan pengaruh program dengan brand awareness target pasar terhadap Opatan Coffee Company Profile Opatan Coffee is a coffee shop that was established on 29 August 2015 located at Jalan Seremped Wetan, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, operating everyday from 16.00 to 00.00 This coffee shop sells coffee and specializes in manual brewing.Situation Analysis StrengthHas "Babeh" figure (Opatan Coffee Barista) who is well known by customerHigh customer service qualityHas connection with many coffee communities in Kota BogorSpecializing in manual brewing & single origin coffeeWeaknessLow brand awarenessLack of human resources (Operation and Marketing)Limited budget for expansion and marketingNot an instagramable placeMediocre product presentationDoes not have a publication and marketing programOpportunityOnline-shopping platforms (GoFood, Grab, ShopeeFood)Has many loyal customersClose to residential areaOperational hours until midnightLarge growth of coffee industryAffordable pricesThreatThe COVID-19 pandemic and PPKM policiesBigger brands coffee/beverage shops around the location (Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Es Teh Indonesia)Growing number new coffee shops with place advantageThe location is far from the main roadProblem Identification Brand awareness in the target market regarding Opatan Coffee is still low due to the lack of publications and marketing programs carried out by Opatan Coffee.There is no marketing program planning carried out by Opatan Coffee.Programs The key message of "Berbagi Rasa" campaign program by opatan coffe is"Finding the Real Coffee Taste," which is in accordance with the Opatan Coffee slogan. The program will include three activities:Opatan In Your AreaIlmuHITAM#KataGue (Influencers Endorsement)Goals Increasing target market brand awareness to Opatan Coffee.Target Audience DemographicMale & FemaleAge 17-35 Years OldStudents and WorkersSES B-CGeographicLive in Bogor and other cities (Jabodetabek)BehaviourHave a habit of hanging out with friendsHave a habit of drinking coffee/caffeineUse social media to find informationLove to try new places to hang outHave a group of friends with the same habits and interestsPsychographicLike to talk with peopleHave an interest in coffee cultureHave a tendency to look for quality goods at affordable pricesHave an interest to a place with simplistic conceptDoes not see a place by its prestigeDoes not prefer crowded and noisy placesSchedule September - December 2022Budget IDR. 14.800.000Monitoring & Evaluation Input: Monitoring & Evaluation of planning and implementation of each activityOutput: Monitoring & Evaluation of Key Performance Indicators for each activityOutcome: Monitoring & Evaluation of results and impact of the program with brand awareness of the target market on Opatan Coffee |
![]()
|
No. Panggil : | TA-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 47 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA-pdf | 145-22-89109507 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20518699 |