:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa perbandingan karakteristik mikrostruktur Kitchen Stove Hood Mesh filter aluminium - Karbon Aktif dengan Filter Mesh Aluminium serta pengaruhnya terhadap performa ketahanan korosi, efektivitas menyaring partikulat, dan kebisingan = Comparative analysis of aluminum - activated Carbon Kitchen Stove Hood Mesh Filter with Aluminum Mesh Filter microstructure characteristics and its effect on corrosion resistance performance, particulate filtering effectiveness, and noise

Tatiana Cherishe Tatsono; Dwi Marta Nurjaya, supervisor; Ahmad Zakiyuddin, examiner; Wahyuaji Narottama Putra, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Kitchen stove hood adalah alat pemasukan udara di atas kompor yang terhubung ke sistem ventilasi pembuangan mekanis. Alat ini berfungsi untuk mengumpulkan dan membuang efluen yang mengandung minyak, uap air, asap, panas dan bau yang dihasilkan oleh peralatan memasak. Dengan begitu, dapur dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman sehingga membantu proses memasak. Efisiensi kerja hood ini sangat bergantung pada kinerja filternya. Di pasaran, jenis kitchen stove hood mesh filter yang paling umum adalah alumium dan karbon aktif yang dihimpit oleh mesh filter aluminium. Perbandingan kedua jenis filter dengan material dan performa yang berbeda ini menarik untuk dipelajari. Pengambilan data dilakukan dengan bantuan SEM, anemometer, sound meter, dan kaca pembesar untuk pengamatan visual. Data yang telah diambil dari penggunaan kedua jenis filter (masing-masing selama 2 minggu) lalu akan dibandingkan secara kuantitatif dan kualitatif untuk dianalisa. Harapannya, hasil analisa ini dapat membantu masyarakat untuk memilih jenis kitchen stove hood mesh filter apakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Kitchen stove hood is an air intake device above the stove that is connected to a mechanical exhaust ventilation system. This tool serves to collect and dispose of effluents containing oil, water vapor, smoke, heat, and odours produced by cooking. That way, the kitchen can be a safe and comfortable place, and this helps the cooking process. The working efficiency of this hood is highly dependent on their filter’s performance. In the market, the most common types of kitchen stove hood mesh filters are aluminium and activated carbon sandwiched between aluminium mesh filters. The comparison of these types of filters with different materials and performance is interesting to study. Data collection will be done with the help of SEM, anemometer, sound meter, and a magnifying glass for visual observations. The data that has been taken from the use of both types of filters (2 weeks each) will then be compared quantitatively and qualitatively for analysis. It is hoped that the results of this analysis can help people to choose which type of kitchen stove hood mesh filter best suits their needs and desires.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Tatiana Cherishe Tatsono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xxi, 51 pages : illustrations ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-22341281 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20518738