:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis faktor yang mempengaruhi intensi masyarakat muslim di Indonesia untuk memilih Kredit Pemilikan Rumah (KPR) syariah dengan akad murabahah = Analysis of factor that affecting intention to choose Islamic home financing product with murabahah contract by muslim in Indonesia

Muhammad Nadhif Ubaidillah; Permata Wulandari, supervisor; Ronald Rulindo, examiner; Khairani, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Tingkat kepemilikan rumah di Indonesia menjadi salah satu permasalahan yang berkelanjutan di setiap tahun. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, lembaga perbankan termasuk perbankan syariah di Indonesia diharapkan dapat terus berperan aktif untuk membantu pemerintah serta masyarakat di Indonesia untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu dalam bentuk penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) syariah. Dalam praktiknya, produk KPR syariah dengan akad murabahah menjadi salah satu akad pada produk KPR syariah tersebut yang paling diminati oleh masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat muslim, terlebih lagi dengan lebih dari 230 juta jiwa di Indonesia adalah masyarakat beragama islam. Dalam rangka mengembangkan produk serta lebih meningkatkan minat masyarakat, perbankan syariah diharuskan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi intensi masyarakat muslim di Indonesia untuk memilih produk KPR syariah dengan akad murabahah. Model penelitian ini menggunakan replikasi model dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Sayuti & Amin (2020) menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) dengan menambahkan variabel price fairness of islamic home financing dan islamic altruism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi intensi masyarakat muslim di Indonesia untuk memilih produk KPR syariah dengan akad murabahah. Faktor-faktor tersebut akan diolah dan dianalisis menggunakan metode olah data Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Data yang digunakan pada penelitian ini didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada 301 masyarakat muslim di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa attitude, subjective norm dan perceived behavioral control memiliki pengaruh langsung terhadap intention to choose islamic home financing, sedangkan price fairness of islamic home financing dan islamic altruism memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap intention to choose islamic home financing.

The level of home ownership in Indonesia is one of the neverending problems every year. In order to overcome these problems, banking institutions, including islamic banking in Indonesia, are expected to continue to play an active role in assisting the government and the people in Indonesia to overcome this problem in the form of distribution of Islamic Home Financing (KPR). In practice, the islamic home financing product with the murabahah-based is one of the contracts in the islamic home financing product that is most in demand by the people in Indonesia, especially the Muslim community, even more so with more than 230 million people in Indonesia who are Muslim. In order to develop products and further increase public interest, Islamic banking is required to know what factors can influence the intentions of the Muslim community in Indonesia to choose sharia mortgage products with murabahah. This research model uses a model replication from previous research conducted by Sayuti & Amin (2020) using the Theory of Planned Behavior (TPB) by adding the price fairness of Islamic home financing and Islamic altruism. This study aims to determine the factors that can influence the intention of the Muslim community in Indonesia to choose sharia mortgage products with murabahah. These factors will be processed and analyzed using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) data processing method. The data used in this study were obtained through distributing questionnaires to 301 muslim communities in Indonesia. The results of this study indicate that attitude, subjective norm and perceived behavioral control have direct effects, while the price fairness of Islamic home financing and Islamic altruism have direct and indirect effects on the intention to choose Islamic home financing.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Nadhif Ubaidillah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 84 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-42463749 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20519641