Laporan magang ini membahas evaluasi perlakuan akuntansi aset tetap di PT AAA, perusahaan hasil penggabungan empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 2021, yang bergerak di jasa kepelabuhanan. Pengalaman magang di perusahaan dijadikan sebagai objek evaluasi. Secara keseluruhan, PT AAA telah menerapkan perlakuan akuntansi yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia, dengan beberapa pengecualian. Hasil evaluasi menyarankan bahwa PT AAA perlu mengadakan diskusi tentang komponenisasi aset tetap, menyelaraskan sistem akuntansi, menyederhanakan administrasi, mengadakan pelatihan, maupun mengevaluasi secara rutin estimasi maupun pencatatan akuntansi. Selain itu, laporan ini menampilkan refleksi diri selama magang. Hal yang telah berjalan dengan baik adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif, kerja sama, dan manajemen waktu. Hal yang belum berjalan dengan baik adalah kemampuan komunikasi dan adaptasi terhadap lingkungan baru. Tindak lanjut terkait refleksi diri termasuk mempersiapkan diri untuk memasuki tempat kerja baru, mengambil sertifikasi yang terkait, meningkatkan keterampilan excel, dan mengasah kemampuan komunikasi. This internship report focuses on the evaluation of accounting treatment for fixed assets in PT AAA, the surviving entity of a merger between four State-Owned Entities (SOE) in 2021, which operates in port services. Internship experience in the company is the object of the evaluation. Overall, PT AAA has implemented accounting treatment in accordance with the financial accounting standards used in Indonesia, with several exceptions. The evaluation results suggest that PT AAA should hold a discussion about componentization of fixed assets, align the accounting systems, simplify the bureaucracy, hold trainings, and do routine evaluations about the accounting estimates and records. Moreover, this report shows a personal reflection during the internship. The things that went well were the ability to think critically and creatively, cooperation, and time management. The things that had not gone well were the ability to communicate and adaptation to a new environment. Action plans regarding the personal reflection include self-preparation for new work place, taking relevant certifications, improving excel skill, and honing communication ability. |