:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Norma Gender di Arab Saudi dalam Serial Takki karya Mohammad Makki = Gender Norm in Saudi Arabia within Takki The Series Directed by Mohammad Makki

Prafitri Haziza; Siti Rohmah, supervisor; Ikhaputri Widiantini, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan norma gender yang terdapat dalam serial Takki karya sutradara Saudi, Mohammad Makki. Serial ini menarik untuk dibahas sebab permasalahan sosial dan gender yang terdapat di dalamnya didasarkan pada realitas sosial yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan norma gender sebagai fokus utama. Sumber data yang digunakan dalam penelitian berasal dari serial Netflix dengan audio berbahasa Arab amiyyah dialek Saudi dengan teks terjemahan dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Dalam menganalisis norma gender yang terdapat dalam serial Takki, penulis menggunakan teori pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce dan teori norma gender. Pendekatan semiotika dalam penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan: yaitu norma gender di Arab Saudi dalam serial Takki lebih banyak ditujukan untuk mengatur perempuan dalam berbagai bidang kehidupan dan dengan dibuatnya aturan-aturan baru oleh pemerintah secara nyata, norma gender yang mengikat perempuan dalam serial Takki juga mengalami pergeseran sehingga terjadi perubahan dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat serta peningkatan atas hak-hak perempuan di Arab Saudi.

This paper aims to reveal gender norms in Takki the series directed by a Saudi director, Mohammad Makki. This series is interesting to be analyed because the social and gender problems are based on the social realities that happens in the society. The research is done by using qualitative methods with gender norm as the main focus. The data source used in the research originated from a Netflix serial with audio in Arabic and subtitle text in English and Bahasa Indonesia. To analyze gender norms in Takki the series, the author uses a semiotic approach theory by Charles Sanders Peirce and gender norm theories. The semiotic approach in this research study resulted in two conclusions: Gender norms in Saudi Arabia within Takki the series mostly aimed to rule women in various field of lives and with the new rules made by the government in real life, gender norms that bind women within Takki the series also experience shifting that eventually made changes in various fields of live as well as enhancement of women’s rights in Saudi Arabia.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Prafitri Haziza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 27 pages
Naskah Ringkas : https://lib.ui.ac.id/unggah/
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-11916173 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20519861