Penelitian ini membahas perihal nilai didaktis atau nilai pendidikan yang dapat ditemukan dalam novel Lumbung Jati ing Gunung Kendheng. Partini B. sebagai pengarang novel tersebut berperan aktif menanam nilai-nilai didaktis dalam karya novelnya kepada para pembaca, sehingga karya-karyanya menjadi media utama dalam penyampaian moral kebaikan untuk masyarakat. Permasalahan yang dapat dirumuskan ialah bagaimana bentuk nilai didaktis dalam sumber data dan bagaimana relevansinya terhadap masyarakat Jawa. Maka tujuan dari adanya penelitian ini ialah untuk membuktikan adanya nilai-nilai didaktis dalam data melalui kajian sosiologi sastra. Penelitian ini menunjukkan terdapat delapan nilai didaktis yang terkandung dalam novel Lumbung Jati ing Gunung Kendheng yaitu, kegigihan, tolong menolong antar sesama, menghargai antar manusia, toleransi, keburukan yang dibalas dengan kebaikan, pelajaran berharga, mengedepankan kebaikan, dan nilai yang bermanfaat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai-nilai tersebut perlu dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat agar menjadikannya lingkungan yang harmonis. This study discusses about didactic value or educational value that can be found in the novel Lumbung Jati ing Gunung Kendheng. Partini B. as the author of the novel plays an active role in instilling didactic values in his novels to the readers, so that his works become the main media in spreading morals to society. The problem that can be formulated is how the form of didactic values in the data source and how relevant it is to Javanese society. So the purpose of this research is to prove the existence of didactic values in the data of sociological studies. This study shows eight didactic values contained in the novel Lumbung Jati ing Gunung Kendheng, namely, persistence, helping each other, respecting humans, tolerance, compliments in return, valuable, valuable, and useful values. The conclusion of this study is that these values need to be used as guidelines in social life so that a harmonious environment is used. |