Stunting merupakan masalah gizi kronis yang berlangsung lama sehingga mengakibatkan kegagalan dalam mencapai tinggi badan normal. Mengingat tingginya keadaan stunting di Indonesia, maka edukasi berkelanjutan yang dilakukan oleh perawat dapat menjadi momentum emas untuk pencegahan stunting. Penelitian ini dilaksanakan melalui tinjauan literatur dengan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta- analysis). Hasil telaah dari sepuluh artikel yang menjadi acuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa edukasi dapat dilaksanakan melalui berbagai cara, seperti pemberian informasi, diskusi interaktif, dan praktik yang dilaksanakan, baik secara online maupun offline. Materi edukasi yang disampaikan yaitu materi yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam pemberian ASI kepada sang bayi, seperti ASI eksklusif, inisiasi menyusui dini, perawatan payudara, stunting, dan sebagainya. Berdasarkan informasi tersebut, maka perawat sebagai agen promotor kesehatan harus bisa melaksanakan edukasi berkelanjutan dimana saja dan kapan saja, mulai dari masa kehamilan ibu hingga pascapersalinan, baik secara individu melalui media sinkron dan media asinkron maupun secara kelompok melalui kunjungan langsung dan edukasi dengan media tertentu. Penelitian ini merekomendasikan untuk dilakukan pengkajian lebih lanjut mengenai rincian intervensi edukasi yang tepat dan metode edukasi yang sesuai dengan sebuah situasi. Stunting is a chronic nutritional problem that lasts a long time, resulting in failure to achieve normal height. Given the high prevalence of stunting in Indonesia, continuing education by nurses can be a golden momentum for stunting prevention. This research was conducted through a literature review using the PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis) method. The ten reference articles in this study show that education can be implemented through various means, such as providing information, interactive discussions, and practice that was carried out both online and offline. The educational materials delivered are materials that are able to increase knowledge and skills of mothers in breastfeeding their babies, such as exclusive breastfeeding, early initiation of breastfeeding, breast care, stunting, and so on. Based on this information, nurses as health promoter agents must be able to carry out continuous education wherever and whenever, from the mother’s pregnancy to postpartum, both individually through synchronous or asynchronous media and in groups through direct visits or education with media. This study recommends that further studies be conducted on the details of educational interventions and educational methods that are appropriate for a given situation. |