Peningkatan akan kebutuhan LPG untuk keperluan domestik untuk setiap tahunnya berdampak kepada perubahan pola operasi distribusi dan juga peningkatan kapasitas penimbunan pada beberapa terminal LPG yang sudah ada (existing) atau pembangunan baru yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan coverage days operasional terminal LPG. Keterlambatan penyelesaian pekerjaan EPC (engineering, procurement and construction) pada pembangunan dan pengembangan terminal LPG pressurized akan berdampak terhadap rencana roadmap infrastruktur terminal LPG yang telah direncanakan dan keterlambatan untuk memperoleh manfaat dari hasil investasi dalam pembangunan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap faktor-faktor dominan penyebab keterlambatan penyelesaian pekerjaan. Sembilan puluh lima faktor-faktor penyebab keterlambatan konstruksi diidentifikasi dengan systematic literature review dari dua belas jurnal dalam tiga tahun terakhir (2018-2020). Faktor-faktor tersebut dibagi menjadi delapan kategori yaitu pemilik proyek, kontraktor, konsultan, material, pekerja dan peralatan, kontrak, hubungan kontraktual, dan eksternal. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Delphi yang melibatkan sepuluh ahli untuk menganalisis faktor-faktor yang dihasilkan dari systematic literature review. Terdapat dua puluh tujuh faktor dominan yang menyebabkan keterlambatan dengan tingkat konsensus lebih dari tujuh puluh persen terungkap dalam konteks ini. Tingkat konsensus untuk hasil akhir mencapai delapan puluh persen. Wawancara dilakukan untuk mengetahui beberapa alternatif solusi terhadap faktor dominan penyebab keterlambatan. The increasing demand for LPG for domestic use every year impacts changes in distribution operation patterns. It requires increasing the storage capacity of several existing LPG terminals or new developments to maintain and increase the coverage days of LPG terminal operations. The delay in completing EPC (engineering, procurement, and construction) work on constructing the pressurized LPG terminal will impact the planned LPG terminal infrastructure roadmap and delays in obtaining benefits from the investment. This study aims to analyze the dominant factors causing delays in completing work. Ninety-five factors causing construction delays are identified in a systematic literature review from twelve publications in the last three years (2018-2020). These factors are divided into eight categories: clients, contractors, consultants, materials, workers and equipment, contracts, contractual relationships, and externals. We utilize a Delphi method involving ten experts to analyze the factors resulting from the systematic literature review. Our context reveals that there are twenty-seven dominant factors causing delays with a consensus level of more than seventy percent. The consensus rate for the final result is also sufficient at eighty percent. Interviews were conducted to investigate alternative solutions to the dominant factors causing delays. |