:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Perspektif Anak terhadap Rasisme dalam Serial Moooment: Rassismusfreie Schule (2021) = Children's Perspective on Racism in Series Moooment: Rassismusfreie Schule (2021)

Asyifa Qurrota A`yuni; Lisda Liyanti, supervisor; Lily Tjahjandari, examiner; Muhammad Arie Andhiko Ajie, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini membahas serial berjudul Rassismusfreie Schule yang mengemas perspektif anak terhadap rasisme dengan komedi dan menganalisis teknik-teknik komedi yang digunakan dalam serial tersebut. Di Jerman, rasisme tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga terjadi pada anak. Anak-anak sering kali menjadi korban rasisme yang dilakukan oleh orang dewasa baik secara sadar maupun tidak sadar. Rasisme yang terjadi seringkali berawal dari stereotyping yang dilakukan seseorang ketika menilai orang lain. Serial komedi Rassismusfreie Schule yang merupakan korpus data dalam penelitian ini menunjukan bagaimana rasisme terjadi pada anak-anak bahkan di lingkungan yang seharusnya terbebas dari rasisme. Penelitian dengan metode kualitatif ini menggunakan teori komedi Arthur Asa Berger untuk mencari makna komedi yang terkandung dalam serial. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik-teknik komedi yang digunakan dalam serial Rassismusfreie Schule bertujuan untuk menampilkan cara anak menyampaikan perspektifnya terhadap rasisme yang mereka alami.

This study discusses a series entitled Rassismusfreie Schule, which packs a child's perspective on racism with comedy and analyzes the comedy techniques used in the series. In Germany, racism does not only occur in adults, but also occurs in children. Children are often victims of racism by adults, both consciously and unconsciously. Racism that occurs often starts from the stereotyping that someone does when judging other people. The comedy series Rassismusfreie Schule, which is the corpus of data in this study, shows how racism occurs in children even in an environment that should be free from racism. This qualitative research method uses Asa Arthur Berger's comedy theory to find the meaning of comedy in the series. The results show that the comedy techniques used in the Rassismusfreie Schule series aim to show how children convey their perspective on the racism they experience.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Asyifa Qurrota A yuni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 23 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-71149590 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20520838