:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Kerakusan Manusia dalam Cerita Pendek Sirena (1887), Tiram/Ustritsy (1884), dan Orang Perancis Bodoh/Gluppy Frantsuz (1886) Karya Anton Chekhov: Tinjauan Gastronomi Sastra = Gluttony in Sirena (1887), Oysters/Ustritsy (1884), and The Silly Frenchman/Gluppy Frantsuz (1886) by Anton Chekhov: A Literary Gastronomy Review

Gustav Gallennius; Mochamad Aviandy, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan dalam menganalisis kerakusan manusia yang terdapat dalam tiga cerita pendek karya Anton Chekhov melalui sifat dan perilaku tokoh terhadap makanan dan minuman. Tiga cerita pendek yang menjadi korpus penelitian ini adalah Сирена (Sirena), Tiram (Ustritsy), dan Orang Perancis Bodoh (Gluppy Frantsuz). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif melalui kutipan di dalam cerita pendek. Melalui pendekatan gastronomi sastra dalam menganalisis penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kerakusan timbul dari poshlost dan keinginan daging yang berada dalam diri manusia. Kehadiran tokoh lain yang berperan sebagai katalisator kerakusan membuat para tokoh terjebak dalam kenikmatan semu dalam menikmati makanan maupun minuman dan hingga jatuh ke dalam jurang kerakusan.

This study aims to analyze gluttonny shown in Anton Chekhov’s three short-stories through the behaviour and actions of the characters towards cuisine. The three short-stories are Сирена (Sirena), Oysters (Ustritsy), and Silly Frenchman (Gluppy Frantsuz). This study uses descriptive analysis method by analyzing the quotations in the short-stories. Through gastronomic literature approach within analyzing this research, it can be concluded that gluttony arises from poshlost and the carnal apettite inside human beings. In addition, character acted as catallisator of gluttonny existed in order to create temporary pleasure for the characters as they enjoy their food and ultimately falling into the gluttonous bottomless pit.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Gustav Gallennius.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 23 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-87275341 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20520877