:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Insomnia dan Depresi Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Mahasiswa di Dua Perguruan Tinggi di Kota Depok = Insomnia and Depression during Distance Learning in Students at Two Universities in Depok

Izwal Wiranto; Hening Pujasari, supervisor; Hanny Handiyani, examiner; Rr. Tutik Sri Hariyati, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Insomnia sering terjadi pada dewasa muda seperti mahasiswa, hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Insomnia dapat menyebabkan berbagai dampak kesehatan yang juga berhubungan dengan kesehatan mental seperti Depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara Insomnia dan Depresi pada Mahasiswa di dua perguruan Tinggi di kot Depok. Desain penelitian ini adalah desain cross sectional dan menggunakan kuesioner Insomnia Severity Index (ISI) serta kuesioner Beck Depression Inventory (BDI). Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 262 responden yang dipilih dengan teknik cluster sampling di Dua perguruan tinggi di Kota Depok. Data dianalisis dengan chi-square untuk mengetahui hubungan yang bermakna antara Insmonia dan Depresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami insomnia sebanyak 68 individu (81%), dan mahasiswa yang mengalami depresi sebanyak 172 individu (96,6%).

Insomnia often occurs in young adults such as students, this is caused by many factors. Insomnia can cause various health effects that are also related to mental health such as depression. This study aims to identify the relationship between insomnia and depression in students at two universities in the city of Depok. The design of this study was a cross sectional design and used the Insomnia Severity Index (ISI) questionnaire and the Beck Depression Inventory (BDI) questionnaire. This research was conducted by involving 262 respondents who were selected using cluster sampling technique in two universities in Depok City. Data were analyzed by chi-square to determine a significant relationship between Insmonia and Depression. The results showed that students who experienced insomnia were 68 (81%), and students who experienced depression were 172 (96.6%).

 File Digital: 1

Shelf
 S-Izwal Wiranto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 64 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-64289881 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20521187