Lecture Contrôlée adalah salah satu mata uji Kemahiran Berbahasa Prancis (KBP) di Program Studi Prancis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI). Mata uji ini dilakukan dengan memberi tugas membaca teks bacaan berupa cerpen dan fabel yang diujikan dengan memberikan pertanyaan seputar buku teks tersebut. Tujuan dari ujian tersebut adalah untuk mengukur kemampuan membaca teks secara utuh dengan kemampuan bahasa Prancis sesuai tingkatannya. Bahan bacaan berasal dari dokumen otentik, sehingga pengajar harus memberikan teks bacaan yang sesuai dengan tujuan pengajaran yang mengacu pada CECRL serta pengajaran bahasa Prancis sebagai bahasa asing atau Français langue étrangère (FLE). Artikel ini akan melihat karakteristik bahan bacaan yang digunakan untuk mata kuliah Kemahiran Bahasa Prancis I (KBP I) angkatan 2018-2021 Prodi Prancis FIB UI dan kesesuaiannya dengan tingkat A1.1 menurut CECRL. Bertujuan untuk mengetahui efektivitas ujian Lecture contrôlée bagi pemahaman global mahasiswa Prodi Prancis KBP I angkatan 2018–2021, penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kepustakaan serta wawancara dengan dosen pengampu ujian LC KBP I. Melalui teori jenis dan fungsi kalimat Le Querler (1994), kompetensi CECRL serta teori pengajaran bahasa Prancis sebagai bahasa asing atau Français langue étrangère (FLE), ditemukan bahwa buku bacaan yang diujikan mulai dari angkatan 2019 sudah sesuai dengan CECRL tingkat A1.1. Melalui unsur linguistik, ekstralinguistik dan teknis ujian, ujian Lecture Contrôlée terbukti efektif untuk mengevaluasi pemahaman global pemelajar dengan persentase keberhasilan di atas 78,84%. Lecture Contrôlée is one of the French Language Proficiency test subjects at the French Studies, Faculty of Humanities, Universitas Indonesia. This test is carried out by reading texts in the form of short stories and fables that are tested by asking questions about the story in the textbook. The objective of the test is to measure the ability to read the reading materials as a whole with French language skills according to their level. Reading materials come from authentic documents, so the teacher has to provide reading texts that are compatible with the teaching objectives that refer to CECRL and teaching French as a foreign language or Français langue étrangère (FLE). This article will look at the characteristics of the reading materials used for the French Language Proficiency I class 2018-2021 at the French Studies, Faculty of Humanities, Universitas Indonesia, and their conformity with the A1.1 level according to CECRL. Aiming to determine the effectiveness of the Lecture Controlée for global understanding, this study will use a qualitative method with library research techniques and interviews with the lecturer in charge of the Lecture Contrôlée for French Language Proficiency I. Through the theory of sentence types and functions, Le Querler (1994) CECRL, and the theory of teaching French as a foreign language or Français langue étrangère (FLE), it was found that the reading books tested starting from 2019 are compatible with CECRL level A1.1. Through the linguistic, extralinguistic, and technical elements of the test, the Lecture Contrôlée is proven effective in evaluating students' global understanding with a success percentage of over 78.84%. |